Cybersecurity Itu Apa? Apakah Penting?
Artikel

Cybersecurity Itu Apa? Apakah Penting?

Cybersecurity sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi perusahaan apa pun karena kini semua data telah terdigitalisasi dan terhubung dengan jaringan internet. Kebutuhan akan keamanan ini utamanya untuk melindungi data sensitif dan berharga dari oknum yang berniat jahat mencuri, merusak, atau menjualnya ke pihak lain.

Definisi Cybersecurity

Sebenarnya, apa itu cybersecurity alias Keamanan Siber? Pengertian cybersecurity secara sederhana didefinisikan sebagai serangkaian proses dan strategi yang diterapkan untuk melindungi sistem penting perusahaan dan informasi sensitif terhadap cyberattacks.

Serangan Siber kini semakin canggih karena para pelaku kejahatan dunia maya telah lebih mudah menghindari kontrol keamanan tradisional seperti Antivirus dan Firewall, melalui adopsi metode serangan baru yang menerapkan AI dan rekayasa sosial (social engineering). Karena itulah, perusahaan harus mengadopsi teknologi yang lebih baru juga untuk meningkatkan Cybersecurity sebagai langkah preventif menghalau cyberattacks.

Strategi cybersecurity

Untuk menghindari dan melawan cyberattacks, perusahaan perlu menginvestasikan cybersecurity yang terdiri dari berbagai lapisan perlindungan. Infrastruktur keamanan harus dapat mencegah serangan yang dirancang untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan data, memeras uang dari karyawan atau bisnis Anda, atau bertujuan menganggu operasi bisnis Anda sehari-hari.

Dalam menerapkan keamanan siber untuk perusahaan, pertimbangkan: keamanan infrastruktur, keamanan jaringan, keamanan aplikasi, informasi keamanan, keamanan cloud, pelatihan tentang kesadaran dan keamanan untuk karyawan, dan pemulihan bencana atau kelangsungan bisnis.

Alasan mengapa cybersecurity penting untuk perusahaan

Cybersecurity yang baik di perusahaan dapat menjadi pendorong bisnis yang kuat, membantu Anda melindungi aset penting, merampingkan kepatuhan, dan memodernisasi infrastruktur IT Anda. Namun, tantangannya adalah memastikan cybersecurity yang Anda gunakan selaras dengan kebutuhan bisnis Anda.

Ancaman cyberattacks dalam perusahaan meningkat

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat Internet of Things (IoT) dan layanan internet, jelas ada peningkatan paparan terhadap cyberattacks. Penjahat dunia maya akan mencoba mendapatkan akses ke data perusahaan melalui karyawan, misalnya melalui email phishing. Dengan menerapkan cybersecurity yang kuat, usaha penipuan ini dapat diidentifikasi dan dicegah.

Ancaman cyberattacks yang dihadapi oleh individu meningkat

Tidak hanya perusahaan, individu biasa juga mengalami peningkatan paparan risiko dunia maya. Peretas mencuri informasi pribadi seseorang dan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Akibatnya, data di komputer, ponsel, dan platform digital lain menjadi tidak aman. Orang penting di sebuah perusahaan berpotensi lebih tinggi untuk dicuri datanya, mulai dari data sensitif, informasi login, hingga menginstal malware di perangkat digital.

Cybercrime itu mahal

Salah satu alasan cybersecurity penting adalah karena perusahaan tidak boleh mengalami data breach. Serangan otomatis oleh peretas juga dapat memicu ransomware. Hal ini merugikan bisnis dan dapat membuat banyak perusahaan gulung tikar.

Selalu ada metode peretasan baru

Peretas menemukan cara baru untuk mengakses data setiap hari. Terlepas dari serangan dunia maya seperti pelanggaran akses, password sniffing, infiltrasi sistem, perusakan sistem web, eksploitasi browser web, penyalahgunaan pesan instan dan pencurian kekayaan intelektual (IP), atau akses tidak sah, ada metode baru yang digunakan peretas setiap hari. Karena itulah, sangat penting untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang cybercrime.

Pengetahuan dan penerapan alat inovatif sangat penting untuk memberdayakan keamanan data Anda. Selain itu, menetapkan kontrol akses dan kebijakan perlindungan data dapat melindungi data Anda.

Hackers ada di mana saja

Peretas memanfaatkan apa pun dan siapa pun. Kerentanan keamanan siber ada di mana-mana, mulai dari sektor keuangan, usaha kecil, lembaga pemerintah, hingga fasilitas pendidikan tinggi. Bahkan, sistem pesawat dan alarm mobil pun juga memiliki masalah keamanan. Baik itu bisnis apa pun, kebutuhan akan profesional di bidang cybersecurity terbaik tetap perlu untuk mengidentifikasi dan mengurangi ancaman keamanan untuk setiap inovasi teknologi telah menjadi sebuah kebutuhan.

icon