Traditional WAN vs SD-WAN, Apa Perbedaannya?
Artikel

Traditional WAN vs SD-WAN, Apa Perbedaannya?

Tak bisa dimungkiri, kehidupan masyarakat sekarang ini sangat amat bergantung pada internet. Mulai dari anak sekolah hingga petinggi bisnis ingin menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan instan dengan bantuan teknologi internet. Demand internet berkecepatan tinggi dan dapat diandalkan pun meningkat. Sebelum mengetahui perbedaan traditional WAN dan SD-WAN, ketahui dulu apa itu WAN.

Pengertian WAN

Wide Area Network (WAN) secara singkatnya diartikan sebagai jaringan komputer yang luas. Jaringan ini biasanya digunakan di sektor bisnis, perkantoran, pendidikan, dsb. WAN dapat memiliki jangkauan yang luas tergantung dari infrastruktur yang digunakan, misalnya dengan menggunakan kabel telepon, fiber optic, atau satelit. Sebagai salah satu jenis jaringan komputer, WAN memiliki karakteristik yang cukup unik, antara lain

  • Dapat menghubungkan perangkat yang tidak bisa dijangkau jaringan lain, misalnya LAN dan MAN
  • Dapat melakukan koneksi pada jarak yang berjauhan
  • Dapat mengirimkan paket antar data switch, router, maupun antar jaringan yang telah dibangun
  • Dapat mengakses bandwidth jarak jauh yang perlu koneksi serial dari berbagai macam jenis
  • Dapat bekerja pada lapisan OSI layer di layer fisik dan layer data link

Pengertian SD-WAN

Berbeda dengan WAN, Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN) merupakan bentuk aplikasi dari teknologi software-defined networking (SDN) yang diapliaksikan pada koneksi WAN. Jadi, perbedaan mendasar antara traditional WAN dan SD-WAN  adalah WAN mengandalkan hardware sedangkan SD-WAN mengandalkan software.

Perbedaan traditional WAN dan SD-WAN

  • SD-WAN menawarkan fleksibilitas dalam manajemen WAN, tidak seperti traditional WAN yang tidak fleksibel
  • Proses konfigurasi SD-WAN cepat, tidak seperti WAN yang memakan waktu
  • Konfigurasi SD-WAN tidak memerlukan campur tangan manusia, tidak seperti WAN yang sangat bergantung pada ketersediaan tenaga ahli
  • SD-WAN menjanjikan efektivitas biaya dan konektivitas berkecepatan tinggi, tidak seperti WAN yang biayanya sangat mahal jika Anda mencari konektivitas berkecepatan tinggi
  • SD-WAN mengurangi kompleksitas pengaturan infrastruktur, konfigurasi, atau manajemen, dibandingkan WAN yang malah membuat rumit
  • SD-WAN terintegrasi dengan lancar dengan fitur keamanan seperti SWG, WAN Optimization, dan Firewall, serta menawarkan VPN yang aman. Sebaliknya, traditional WAN sulit berintegrasi dengan fitur-fitur keamanan tersebut dan gagal menawarkan VPN yang aman.
  • SD-WAN melindungi lalu lintas data melalui enkripsi end-to-end, berbeda dengan traditional WAN yang diamankan hanya melalui koneksi MPLS.
  • SD-WAN memberikan kinerja tinggi karena terhubung langsung dengan aplikasi berbasis cloud, sedangkan tradtional WAN memberikan kinerja rendah saat terhubung dengan aplikasi berbasis cloud.

Jelas terlihat bahwa SD-WAN mengungguli traditional WAN di semua area performa. Menggunakan SD-WAN menghemat biaya dengan signifikan, serta memberikan manfaat-manfaat yang lebih fenomenal seiring dengan perkembangan lebih lanjut.

Hypernet Technologies menyediakan SD-WAN untuk kebutuhan jaringan perusahaan Anda. Kami berkomitmen untuk menyediakan layanan yang dapat mendukung pertumbuhan pesat perusahaan Anda.

icon