SASE Series #6 Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN)
Artikel

SASE Series #6 Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN)

Pengertian SD-WAN

Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN) adalah sebuah arsitektur virtual WAN yang mengizinkan perusahaan untuk memanfaatkan kombinasi apa pun dari layanan transportasi data untuk menghubungkan pengguna ke aplikasi dengan aman – termasuk MPLS, LTE, dan layanan internet broadband.

Tidak seperti arsitektur WAN router-sentris tradisional, model SD-WAN dirancang untuk sepenuhnya mendukung aplikasi yang di-hosting di pusat data lokal, cloud publik atau pribadi, dan layanan SaaS seperti Salesforce, Workday, Dropbox, Microsoft 365, dll., sambil memberikan tingkat kinerja aplikasi tertinggi.

Konsep penerapan SD-WAN

Untuk menghubungkan pengguna ke aplikasi dengan aman, arsitektur SD-WAN menerapkan teknologi Software-Defined Networking (SDN) ke koneksi Wide Area Network (WAN). Beberapa contoh koneksi WAN adalah koneksi broadband, 4G, dan LTE. Fungsinya adalah untuk menghubungkan tempat-tempat bisnis di lokasi berbeda ke jaringan yang sama melalui internet atau jaringan pribadi cloud-native.

Penggunaan SD-WAN adalah pemutakhiran dari kerangka jaringan komputer yang sudah usang di masa lalu sebab pemakaiannya terlepas dari manajemen lalu lintas dan fungsi pemantauan berbasis hardware. Sebaliknya, SD-WAN dibangun di atas Edge Connectivity Abstraction, WAN Virtualization, Centralized Management, dan Elastic Traffic Management.

Mengapa menggunakan SD-WAN

Perusahaan yang bertahan dengan arsitektur WAN tradisional harus melihat ini sebagai waktu yang tepat untuk beralih karena mereka tidak dapat menandingi kinerja pemutakhiran SD-WAN modern. Jaringan canggih mengungguli yang lama dalam hampir segala hal yang mencakup bandwidth, keamanan, biaya, dan keandalan. Untuk alasan serupa, usaha baru sebaiknya hanya mempertimbangkan SD-WAN. Jika tidak, seluruh bisnis akan dirugikan sejak awal.

Manfaat solusi jaringan SD-WAN

Manfaat solusi jaringan SD-WAN ada banyak termasuk mengoptimalkan kinerja aplikasi cloud dan lokal dengan analitik real-time, bersama dengan pilihan dan kontrol maksimum. Bisnis yang tidak menggunakan SD-WAN tidak mencapai potensi sepenuhnya.

Faktanya, kebutuhan akan komunikasi internal dan fasilitas online yang sempurna tidak lagi terbatas pada sektor IT saja. Hampir semua bisnis saat ini sangat bergantung pada teknologi komputer sementara semakin banyak yang membutuhkan komunikasi yang sempurna antara end points yang berbeda dan lokasi geografis yang berbeda. SD-WAN bukan hanya tambahan yang bagus tetapi juga merupakan fitur penting untuk dapat bersaing di dunia bisnis modern yang sengit.

Apa saja benefit SD-WAN?

  • Meningkatkan performa aplikasi di seluruh WAN
  • Menawarkan kelincahan dan daya tanggap bisnis yang lebih besar
  • Meyakinkan tujuan bisnis dengan visibilitas dan kontrol aplikasi tingkat lanjut
  • Menawarkan ekstensibilitas ke produk pihak ke-3 melalui rangkaian layanan
  • Menawarkan keamanan edge-to-edge yang kuat dan segmentasi mikro
  • Meningkatkan keamanan jaringan
  • Mengurangi persyaratan waktu untuk administrator

Keunggulan Managed SD-WAN

  • Biaya operasional / konektivitas lebih rendah
  • Meningkatkan performa lebih baik untuk aplikasi cloud
  • Memungkinkan banyak tautan dari ISP yang berbeda
  • Memudahkan perusahaan mengatur jaringan yang aman dan andal dengan cepat
  • Mengoptimalkan penggunaan resources

Fungsionalitas SD-WAN tingkat lanjut untuk SASE

SASE menggabungkan SD-WAN dengan fungsi keamanan yang diberikan cloud yang diperlukan, atau dikenal sebagai Security Service Edge (SSE). SSE mendefinisikan rangkaian layanan keamanan yang membantu mewujudkan visi keamanan SASE. SD-WAN dengan kemampuan jaringan tingkat lanjut diperlukan untuk mengaktifkan SASE sepenuhnya. Salah satunya, memberikan kebebasan memilih untuk menerapkan inovasi keamanan baru saat tersedia dari vendor mana pun untuk mengatasi ancaman masa depan yang tidak diketahui dengan mudah.

icon