Apa Saja Manfaat SASE Bagi Perusahaan Anda?
Artikel

Apa Saja Manfaat SASE Bagi Perusahaan Anda?

Bukan tanpa alasan Secure Access Service Edge (SASE) menjadi pilihan yang sering dipakai untuk framework keamanan jaringan. Alasan pertama, SASE mudah diimplementasikan, dioperasikan, dan digunakan dalam suatu sistem untuk memastikan perlindungan data yang memadai.

SASE juga semakin dikenal dari tahun ke tahun, sehingga permintaan terhadap aplikasi arsitektur jaringan SASE terus meningkat. Bagian IT juga menikmati banyak manfaat dari penerapan framework SASE di perusahaan mereka karena dapat mengurangi pemeliharaan IT dan membantu mendukung remote working.

SASE, yang diperkenalkan secara global pada tahun 2019, telah menghadirkan tingkat efisiensi, keramahan pengguna, dan keamanan lebih mutakhir bagi perusahaan di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun setelah diperkenalkan, SASE berkembang menjadi salah satu security framework yang paling populer dan andal.

Mengapa SASE penting bagi perusahaan dan pelaku bisnis?

Di era pasca-COVID, perusahaan dan pelaku bisnis tidak hanya perlu meningkatkan fokus pada keamanan fisik tetapi juga keamanan siber aset dan data mereka. SASE menawarkan solusi keamanan lebih kuat dan canggih. SASE dapat memberikan perlindungan yang sangat baik dari kehilangan dan pencurian data sekaligus menawarkan produktivitas yang luar biasa.

Cointelegraph melaporkan peningkatan kejahatan dunia maya sebesar 75% selama pandemi tahun 2020 ketika remote working menjadi satu-satunya pilihan untuk tetap bekerja di masa pandemi. Angka tersebut tentunya sangat besar bagi siapapun untuk mengabaikan atau tidak menganggap serius ancaman keamanan siber.

Melindungi dan mengamankan data sensitif perusahaan

Menggunakan SASE telah terbukti membantu perusahaan melindungi data sensitif, mengamankan aliran data, dan mencegah dari intersepsi tidak sah selama transmisi data di lokasi mana pun secara global.

Seiring berkembangnya kultur remote working, perusahaan semakin perlu bergantung pada solusi keamanan jaringan yang layak seperti SASE, baik itu perusahaan kecil maupun besar. Selain manfaat utama yaitu melindungi data-data dari ancaman keamanan siber, ada manfaat SASE lainnya yang juga perlu diketahui, yaitu:

Menyediakan internet cepat dan akses jarak jauh yang aman

Framework keamanan tradisional terutama bergantung pada hardware, menjadikannya tidak memadai untuk sistem kerja jarak jauh. Padahal, pekerjaan jarak jauh diperkirakan akan didominasi oleh 70% tenaga kerja pada tahun 2025.

Solusinya, SASE menciptakan terobosan melalui arsitektur yang didominasi cloud untuk mengamankan akses ke jaringan. SASE mengadopsi Zero Trust Network untuk memverifikasi pengguna dan perangkat mereka, meskipun para pengguna ini mengakses dari jarah jauh. Karena karyawan tidak menggunakan perangkat kantor serta perusahaan tidak bisa mengecek secara fisik saat para karyawan ini mengakses jaringan, maka semua akses perlu diverifikasi secara konsisten oleh SASE sebelum diberikan.

Selain itu, SASE menawarkan kecepatan jaringan yang andal ke sumber daya, membuat remote working dapat dilakukan di mana pun lokasinya.

Biaya sedikit untuk manfaat yang lebih banyak

Dibandingkan dengan mempertahankan sistem keamanan tradisional, dengan menggunakan SASE perusahaan dapat lebih berhemat secara signifikan tanpa mengorbankan keamanan. Security framework tradisional memerlukan banyak alat dan aplikasi untuk mempertahankan keamanan jaringan yang layak. Masing-masing alat ini pun biaya pembelian dan pemeliharaannya pun juga banyak. Lebih memakan biaya lagi jika perusahaan mengoperasikan pusat data fisik.

Cara SASE menghemat biaya perusahaan

SASE mengintegrasikan semua layanan keamanan ini dalam satu solusi. Sehingga, perusahaan dapat menghemat biaya, sumber daya, dan kebutuhan pemeliharaan yang konsisten. Bahkan, perusahaan tidak perlu lagi harus mengganti hardware yang usang dan kuno secara teratur, sebagaimana rutinitas yang harus dilakukan ketika menggunakan security framework tradisional. Tentu saja, hal ini menjadi pertimbangan besar untuk mengurangi biaya operasional perusahaan.

Mengurangi pemeliharaan dan skalabilitas keamanan

Hardware frameworks seringkali sulit dipelihara dan diskalakan karena tidak fleksibel dan tidak cekatan, yang mengarah ke tantangan keamanan yang signifikan untuk jaringan perusahaan dan jumlah end points yang lebih banyak. Sementara itu, solusi keamanan SASE tidak memerlukan pemeliharaan besar dan sangat dapat diskalakan.

Lebih lanjut, karena tidak perlu mengelola alat berbasis hardware secara fisik, beban kerja tim keamanan IT berkurang. Oleh karena itu, karyawan bagian IT perusahaan Anda akan dapat melakukan pencapaian-pencapaian lebih banyak di area kreatif lainnya daripada menangani fitur manual yang dapat dengan mudah diotomatisasi dengan SASE.

Dan sebagai bagian dari arsitektur keamanan lengkap, SASE mengamankan semua sisi keamanan dengan layanan keamanan lainnya. Layanan keamanan tersebut termasuk SWG, IPS, NGFW, dan arsitektur jaringan generasi berikutnya. Mereka membantu menegakkan keamanan yang intens dengan melindungi setiap titik akses dalam jaringan.

Kebijakan terpusat, dinamis, dan berbasis peran merampingkan operasi

Endpoint ada di perimeter jaringan. Dengan SASE, keamanan diterapkan secara dinamis berdasarkan kebijakan pada fungsi entitas yang terhubung. Manajemen pusat kebijakan keamanan membuat keamanan dan jaringan lebih efisien dengan merampingkannya di mana pun lokasinya.

icon