Apa itu Secure Access Service Edge (SASE)?
Artikel

Apa itu Secure Access Service Edge (SASE)?

Pengertian SASE

SASE adalah singkatan dari Secure Access Service Edge. Istilah SASE erat kaitannya dengan dunia internet dan jaringan. Secara singkatnya, SASE adalah arsitektur jaringan yang menggabungkan kemampuan VPN (Virtual Private Network) dan SD-WAN (Software-Defined Networking yang diaplikasikan pada koneksi Wide Area Network).

Ada empat ciri khas utama SASE yaitu berbasis identitas, berbasis cloud, mendukung semua edge, dan didistribusikan secara global. SASE memiliki enam komponen utama atau elemen penting sebagai berikut:

  • SD-WAN (WAN yang ditentukan oleh perangkat lunak)
  • SWG (gateway web aman)
  • CASB (Broker keamanan akses cloud)
  • FWaaS (firewall sebagai layanan)
  • ZTNA (akses jaringan zero trust)
  • Manajemen terpusat dan terpadu

Fungsi-fungsi keamanan tersebut dikirimkan dari cloud dan merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh vendor SASE.

Manfaat SASE

Memungkinkan karyawan dan pengguna bisnis digital berinteraksi tanpa harus dari kantor

Dewasa ini, akibat kemajuan teknologi dan pandemi, budaya bekerja di kantor berubah menjadi mobile (di mana saja, kapan saja, tanpa batasan lokasi). SASE memungkinkan akses yang aman tanpa latensi dalam koneksi yang disebabkan karena akses ke VPN untuk mengamankan jaringan.

Memperkuat keamanan baik untuk pekerja maupun end users

SASE memungkinkan kontrol keamanan sedekat mungkin dengan end users dan melindungi pekerja di mana saja dari ancaman tingkat lanjut. Beberapa keunggulan SASE yang berkaitan dengan keamanan termasuk memproteksi dari malware akibat dari akses atau unduhan ke domain yang berbahaya, menghilangkan celah keamanan di seluruh web, jaringan, cloud, dan aplikasi internal perusahaan, serta memberikan kontrol akses berdasarkan risiko.

Mencegah data hilang meski diakses dari mana pun

Dengan menggunakan arsitektur SASE, Anda cukup menerapkan policy sekali saja untuk Anda terapkan di mana saja. Anda juga dapat menghentikan transfer data dengan teknologi enterprise grade DLP, serta menerapkan Zero Trust-as-a-Service.

Mengaktifkan Zero Trust 

Seperti yang sudah disinggung di atas, Arsitektur SASE memungkinkan pengaktifan Zero Trust. Itu artinya, hanya pengguna dan perangkat yang berwenang, terpercaya, dan terinspeksi yang diberikan akses melalui solusi ZTNA dan SWG.

Mengurangi kompleksitas dan biaya

Sebagai pemilik usaha, Anda mungkin merasa kesulitan untuk mengelola dan menghubungkan banyak alat keamanan dan jaringan ke dalam perangkat risiko tunggal. SASE memungkinkan penerapan dengan menggunakan agen yang tersentralisasi di end-point, menghubungkan situs jarak jauh dengan menggunakan SD-WAN yang aman ke cloud, dan mengotomatisasi serta mempersonalisasi penegakan berdasarkan risiko.

Meningkatkan efektivitas jaringan dan keamanan staf

Layanan jaringan dan keamanan dalam satu platform mengurangi friksi dan dapat mengamankan jaringan tanpa menurunkan kinerja. Dengan satu platform ini, strategi perusahaan tidak hanya menyelaraskan tim keamanan dan tim IT tetapi juga memungkinkan keduanya untuk bekerja bersama-sama.

Tantangan untuk mewujudkan SASE

SASE adalah visi model jaringan aman masa depan yang harus diperjuangkan oleh perusahaan. SASE terbaik saat ini adalah konvergensi SD-WAN yang dikelola cloud dan keamanan yang diberikan cloud.

Tantangan lainnya adalah adaptasi atau pindah dari model sebelumnya ke model SASE hanya bisa dilakukan dengan cara bertahap, tidak instan. Tim IT harus memikirkan kembali cara menghubungkan tenaga kerja jarak jauh ke sumber daya informasi terdistribusi yang mereka butuhkan. Kemungkinan juga akan ada peningkatan permintaan untuk model pengadaan “as-a-sevice” yang menawarkan lebih banyak fleksibilitas.

Yang jelas, SASE menempatkan perlindungan data terdepan, memberikan kontrol unik atas bagaimana data digunakan setelah diunduh, sehingga kinerja Anda dan karyawan lebih produktif tanpa mengabaikan keamanan akses.

icon