3 Alasan Kenapa Perusahaanmu Membutuhkan IT Outsource
Artikel

3 Alasan Kenapa Perusahaanmu Membutuhkan IT Outsource

Tahukah Anda tentang IT Outsource dari MSP? “Managed Service Provider” adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa untuk mengelola infrastruktur Teknologi Informasi yang ada di sebuah perusahaan. Istilah gampangnya, Anda meng-outsource-kan pekerjaan merawat dan mengoperasikan hal-hal yang berkaitan dengan IT kepada pihak ketiga (IT outsource).

Popularitas layanan IT Outsource dari MSP sedang meroket lantaran setiap perusahaan menginginkan efisiensi biaya operasional tanpa harus mengorbankan waktu dan tenaga untuk mengelola infrastruktur yang dapat dikelola pihak ketiga. Sebuah MSP, setelah diberikan mandat oleh kliennya, akan secara proaktif mengusulkan, menerapkan, dan memelihara infrastruktur IT secara profesional, terpercaya, dan bertanggung jawab.

 

Kenapa butuh IT Outsource dari MSP?

Bagian IT Anda dapat mengerjakan tugas yang lebih urgent

Menyewa MSP tidak serta merta membuat Departement IT di perusahaan Anda “makan gaji buta”. Semisal perusahaan Anda adalah perusahaan e-commerce yang sedang mengadakan kampanye diskon besar-besaran dan cashback. Bagian IT Anda diperlukan untuk meng-update aplikasi sehingga pengguna bisa memakai kupon cashback di halaman utama. Nah, padahal, di saat bersamaan Anda perlu melakukan maintenance pada layanan cloud storage karena harus memperpanjang masa sewanya dan menambah kapasitasnya untuk data-data baru. Pekerjaan ini dapat Anda serahkan kepada IT Outsource sehingga bagian IT Anda  bisa fokus meng-update aplikasi. Staf IT internal Anda memang lebih baik mengerjakan proyek yang lebih mendesak dan rahasia ketimbang tugas maintenance.

Akses ke teknologi mutakhir sehingga memastikan operasional tetap andal

Sumber daya manusia, pengetahuan, dan keterampilan yang terbatas mengenai teknologi menghasilkan inefisiensi dan inkonsistensi dalam operasionalnya. Kemitraan kolaboratif dengan IT outsource akan meningkatkan kemampuan IT Anda saat ini. Sebab, Anda akan memiliki akses ke teknologi terbaru sehingga permasalahan lebih cepat teratasi. IT Outsource dari MSP juga memiliki solusi tersendiri yang telah mereka kembangkan, dengan keandalan dan fleksibilitas sesuai yang sedang klien hadapi. IT Outsource MSP juga dapat memberikan pelatihan sesuai kebutuhan. Singkatnya, MSP dapat pula menjembatani kesenjangan pengetahuan klien dan staf klien. Tambahan pula, biaya pemeliharaan konsisten karena MSP akan membantu meniadakan masalah-masalah terkait IT.

Meningkatkan keamanan dan memastikan operasional sesuai kebijakan yang berlaku

Ketika perusahaan meningkatkan jejak digital, perusahaan tersebut meningkatkan risiko data breaching tanpa protokol keamanan siber yang memadai. Satu data breaching yang substansial saja dapat menyebabkan kerusakan reputasi dan kerugian finansial yang tidak dapat diperbaiki.

Di sisi lain, MSP dapat mengambil tindakan segera untuk mengatasi dan memperbaiki masalah data breaching. MSP juga dapat memastikan infrastruktur IT perusahaan tidak melanggar kebijakan internal, negara, dan global.

Selain itu, MSP secara teratur mengukur dan menganalisis berbagai faktor risiko dan mengembangkan solusi untuk situasi yang berbeda, sebagai tindakan pencegahan. Langkah preventif yang diambil MSP ini memastikan keberlangsungan bisnis jika terjadi skenario yang tidak terduga atau yang belum pernah dialami sebelumnya.

 

Apakah saya perlu IT Outsource MSP?

Layanan IT Outsource MSP tidak selalu harus berskala besar. Anda dapat meminta pihak ketiga ini untuk mengelola bagian-bagian tertentu dari perusahaan Anda, seperti membantu meng-install sistem operasi dan aplikasi, memperbarui subscription plan dari aplikasi tertentu setiap bulannya, atau mengintegrasikan Office 365 ke perusahaan Anda yang hendak menerapkan Hybrid Working. Tentu saja, layanan-layanan sederhana seperti ini jika di-outsource pun biayanya tidak akan sebesar layanan pencegahan data breach atau 24-hour surveillance.

Komunikasikan kebutuhan Anda kepada kami setiap saat selama jam kerja. Tim profesional kami akan menawarkan solusi khusus untuk kemajuan dan keberlangsungan usaha Anda.

icon