Internet SAT, Pilihan Jaringan yang Tepat Dengan Beragam Kelebihan
Artikel

Internet SAT, Pilihan Jaringan yang Tepat Dengan Beragam Kelebihan

Internet SAT –atau juga sering disebut dengan internet satelit, merupakan salah satu jenis penyediaan internet yang bisa dipertimbangkan selain internet kabel. Memang, bisa jadi belum banyak orang yang mengetahui jenis internet yang satu ini. Namun, diperkirakan, internet satelit akan menjadi pilihan banyak kalangan di masa yang akan datang.

Seperti namanya, internet satelit sendiri merupakan jaringan komunikasi yang mengandalkan orbit satelit yang berada di luar bumi. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa provider internet satelit. Meskipun jumlahnya belum sebanyak internet kabel, namun diprediksi jumlah provider internet satelit akan terus bertambah. Terlebih, ada beragam kelebihan dari internet satelit ini.

Ragam Kelebihan Internet Satelit

Dari beberapa aspek yang berbeda, internet satelit memiliki kelebihan yang cukup signifikan dibandingkan dengan internet yang menggunakan kabel. Adapun beberapa kelebihan yang dimaksud diantaranya adalah:

  1. Kecepatan
    Ketika berbincang tentang internet, apa hal pertama yang menjadi bahasan? Tentu saja kecepatan.
    Memang, secara garis besar, kecepatan internet kabel masih menjadi pemenang, terutama untuk internet yang menggunakan fiber optik. Selain itu, jeda waktu pemrosesan data internet kabel pun juga cenderung lebih rendah.
    Namun, hadirnya teknologi internet selular yang menggunakan teknologi terbaru 5G juga menawarkan kecepatan yang tinggi. Bahkan, jeda waktu pemrosesan data yang dimiliki pun cenderung lebih baik dibandingkan dengan internet kabel yang menggunakan tembaga.
    Lantas, bagaimana dengan kecepatan dari internet satelit?
    Memang, dibandingkan dengan dua jenis internet lainnya, kecepatan internet satelit cenderung masih berada di bawahnya. Hanya saja, bukan berarti jika kecepatan internet satelit bisa diremehkan. Pasalnya, dengan teknologi terbaru yang ada saat ini, kecepatan internet satelit bisa mencapai hingga 100 Mbps.
  2. Jangkauan jaringan
    Hal lain yang penting dari internet adalah jangkauan jaringan itu sendiri. Semakin luas jangkauan jaringan, tentu semakin baik internet yang akan didapatkan.
    Perihal jangkauan jaringan, internet kabel cenderung memiliki keterbatasan karena hanya tersedia di beberapa area khusus, terutama daerah perkotaan. Hal ini dikarenakan operator internet kabel memerlukan biaya yang besar untuk pengadaan kabel tersebut.
    Dibandingkan dengan internet kabel, internet selular memiliki coverage jaringan yang lebih luas. Bahkan, ada klaim yang menyatakan jika jenis internet ini sudah tersedia secara nasional di seluruh kabupaten yang ada di Indonesia. Hanya saja, kualitas jaringan yang didapatkan terutama di daerah terpencil cenderung belum stabil.
    Untuk masalah coverage, internet satelit merupakan pemenangnya karena jangkauan internet ini sangat luas. Dengan menggunakan satelit yang ada di atas langit, jenis internet ini bisa menjangkau berbagai daerah berbeda, termasuk daerah terpencil di balik pegunungan, pantai dan lainnya.
  3. Harga dan Perangkat
    Perihal harga dan perangkat, ketiga jenis internet memiliki harga yang cukup bervariasi tergantung dari paket berlangganan yang disediakan oleh provider. Hal yang sama juga berlaku pada harga perangkat yang digunakan.
    Jika dibandingkan, bisa dikatakan jika harga layanan internet seluler cenderung lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan adanya layanan langganan dengan harga puluhan ribu saja tergantung kuota yang didapatkan.
    Memang, harga berlangganan internet satelit cenderung masih cukup mahal. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah mulai tersedia paket berlangganan internet satelit dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan terlebih berbekal coverage jaringan yang sangat luas.

Dengan beragam kelebihan yang dimiliki, internet satelit diprediksi akan terus bertumbuh di masa yang akan datang. Anda bisa mendapatkan informasi menarik lainnya terkait beragam jenis internet di laman Hypernet.

icon