Hypernet, SD-WAN Provider Terpercaya yang Bisa Diandalkan
Artikel

Hypernet, SD-WAN Provider Terpercaya yang Bisa Diandalkan

Pengelolaan perusahaan dengan banyak cabang yang tersebar di berbagai wilayah yang berbeda tentu memerlukan effort yang lebih. Apalagi jika antar cabang perusahaan tersebut memiliki data serta jaringan yang harus senantiasa terhubung satu sama lain. Hal inilah yang mendasari pentingnya menggunakan layanan SD-WAN provider.

SD-WAN merupakan inovasi dari WAN tradisional yang dianggap tidak lagi relevan saat ini. Pasalnya, dengan menggunakan WAN tradisional tersebut diperlukan infrastruktur IT serta tim IT yang mendukung dan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Sekilas Tentang SD-WAN

SD-WAN atau Software Defined Wide Area Network merupakan sebuah pengelolaan jaringan yang dilakukan secara fleksibel dan cerdas. Pengelolaan ini diaplikasikan dengan cara memanfaatkan software serta fungsi kontrol yang terpusat. Nantinya, dengan penggunaan SD-WAN, maka pengelola jaringan bisa mengelola jaringan secara terpusat serta melakukan monitoring semua traffic yang ada.

Keunggulan SD-WAN

Dibandingkan dengan WAN tradisional, ada beberapa keunggulan SD-WAN yang juga bisa dijadikan alasan kenapa Anda menggunakannya, yaitu:

  1. Biaya yang lebih terjangkau
    Biaya yang terjangkau menjadi keunggulan utama yang dimiliki oleh SD-WAN dibandingkan dengan WAN tradisional. Pasalnya, SD-WAN bisa menghapus biaya MPLS circuit yang cenderung cukup mahal dan kemudian menggantinya dengan opsi koneksi lain.
    Koneksi lain yang digunakan umumnya adalah DSL dan juga broadband. Hanya saja, jika diperlukan serta kondisinya memungkinkan –terutama berkaitan dengan biaya, maka perusahaan tetap bisa menggunakannya.
  2. Bandwidth yang lebih tinggi
    SD-WAN memiliki dukungan dari beragam kumpulan high bandwidth yang disediakan oleh beberapa provider yang berbeda. Teknologi yang digunakan ini nantinya akan memungkinkan terjadinya pengiriman data dalam jumlah yang besar dalam waktu yang bersamaan. Oleh karenanya, pengiriman data tersebut tidak akan bergantung pada satu jalur transportasi.
  3. Fleksibilitas yang lebih tinggi
    Keunggulan lain dari SD-WAN dibandingkan dengan WAN tradisional adalah fleksibilitas yang lebih tinggi. Penggunaan SD-WAN nantinya akan memungkinkan perusahaan guna memperluas area jaringan yang digunakan baik on premise ataupun cloud dengan biaya sesuai dengan pertumbuhannya.
  4. Dukungan pada cloud
    Jika disimak, saat ini banyak perusahaan yang sudah menggunakan cloud dan SaaS atau software-as-a-service guna menunjang kinerja. Dalam hal ini, SD-WAN dirancang untuk bisa memberikan dukungan pada perusahan tersebut.
    Perlu diketahui bahwa SD-WAN mampu mendukung beragam aplikasi yang memiliki hosting pada on promise data center ataupun cloud, baik secara private ataupun publik. Dengan demikian, manajemen sistem pun nantinya bisa berjalan dengan lebih baik dan lancar.

Apakah SD-WAN Lebih Aman?

Keamanan menjadi hal yang sangat penting dalam pengelolaan jaringan. Dengan keamanan yang lebih baik, tentu bukan hanya pengelolaan jaringan yang akan lebih maksimal, tetapi juga adanya perlindungan dari cyberattack yang merugikan.

Terkait masalah keamanan, SD-WAN memanfaatkan IPsec dan VPN sebagai keamanan dasar. Tujuan penggunaan dua elemen keamanan tersebut adalah untuk memastikan tidak adanya gangguan yang diberikan oleh pihak lain saat pengiriman data berlangsung.

Selain itu, SD-WAN juga menggunakan NGFW atau Next Generation Firewall. Penggunaan ini merupakan salah satu kunci dari keamanan SD-WAN yang membuatnya lebih unggul. Pasalnya, NGFW sendiri adalah versi virtual dan versi inovasi dari firewall tradisional yang berbasis perangkat keras.

Menggunakan Layanan SD-WAN Hypernet

Penggunaan SD-WAN adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan pengelolaan bisnis, terutama berkaitan dengan keamanan jaringan. Jika Anda tertarik untuk menggunakan SD-WAN pada sistem perusahaan Anda, maka Anda bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Hypernet. Hubungi tim kami segera untuk mendapatkan tawaran yang menarik.

icon