Mengenal Peran Penting Perusahaan Cybersecurity Indonesia
Artikel

Mengenal Peran Penting Perusahaan Cybersecurity Indonesia

Hadirnya perusahaan cybersecurity Indonesia merupakan pelengkap dari penggunaan internet sebagai media promosi perusahaan. Seperti yang diketahui, penggunaan internet memungkinkan semua perusahaan memiliki daya jangkau yang lebih luas untuk pemasaran. Dengan demikian, pencapaian target perusahaan pun nantinya juga akan meningkat.

Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan internet tersebut tidak lepas dari adanya ancaman serangan cyber. Hal inilah yang mendasari pentingnya penggunaan layanan cybersecurity terutama untuk menjaga data penting perusahaan serta informasi pelanggan dari sebuah perusahaan.

Perlu diketahui bahwa cyberattack adalah ancaman yang nyata. Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh FBI Internet Crime Report, kerugian yang dialami perusahaan akibat serangan siber pada tahun 2020 mencapai angka 40 miliar.

Apa Itu Cyber Security?

Cyber security merupakan sebuah tindakan yang dilakukan untuk memberikan perlindungan pada sistem, jaringan dan program dari serangan digital. Serangan tersebut umumnya digunakan untuk mengakses, mengubah ataupun menghancurkan informasi penting, melakukan pemerasan atau mengganggu proses bisnis perusahaan.

Seiring dengan semakin masif-nya perkembangan teknologi digital saat ini, tantangan cyber security pun semakin berat. Pasalnya, perkembangan teknologi yang terjadi juga menciptakan celah baru yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan siber untuk melancarkan aksi mereka.

Peran Penting Perusahaan Cyber Security

Perusahaan penyedia layanan cyber security memiliki peran penting untuk meminimalkan ancaman cyberattack. Beberapa peran penting yang dimaksud diantaranya adalah:

  1. Melindungi perusahaan
    Manfaat terbesar yang akan didapatkan perusahaan yang menggunakan layanan cyber security adalah perlindungan yang maksimal pada perusahaan. Dengan adanya jaminan keamanan ini, manajemen perusahaan akan berjalan dengan lebih baik. Ancaman cyberattack pun tidak akan menjadi isu yang meresahkan.
  2. Melindungi informasi pribadi
    Salah satu hal yang paling berharga di era digital seperti sekarang ini adalah informasi pribadi. Dalam banyak kasus, serangan siber yang terjadi menargetkan data pribadi untuk dicuri. Nantinya, data pribadi tersebut akan dijual ataupun digunakan untuk melakukan kejahatan lainnya.
    Dengan penggunaan layanan cybersecurity, perlindungan pada informasi pribadi cenderung lebih maksimal. Kerugian yang muncul karena kehilangan data pribadi pun nantinya tidak akan terjadi.
  3. Menjaga produktivitas
    Adanya virus dalam perangkat kerja serta serangan siber yang terjadi bisa menyebabkan pengerjaan pekerjaan akan terganggu. Bahkan, data yang sudah tersedia pun bisa hilang karena serangan siber. Oleh karenanya, penggunaan layanan cyber security diperlukan untuk tetap menjaga produktivitas karyawan.
  4. Menjaga website perusahaan tidak down
    Jika cyberattack menyerang sistem website perusahaan, maka situs website tersebut akan down dan tidak bisa diakses. Hal semacam ini akan menyebabkan masalah yang serius karena bisa jadi Anda kehilangan transaksi bisnis yang sedang diproses serta berkurangnya kepercayaan dari para konsumen.
    Penggunaan layanan cyber security diperlukan untuk menjaga website perusahaan tidak down dan tetap bisa diakses dengan baik. Dengan demikian, transaksi perusahaan bisa diproses dengan baik dan target perusahaan tetap tercapai.
  5. Mencegah spyware dan adware
    Satu lagi peran penting cyber security adalah pencegahan pada spyware dan adware. Spyware merupakan infeksi cyber yang dirancang untuk memata-matai aktivitas komputer target. Sedangkan adware adalah virus komputer yang akan memenuhi komputer dengan iklan.

Semua perusahaan yang menggunakan sistem digital tentu memiliki tanggung jawab untuk menciptakan keamanan cyber. Oleh karenanya, penggunaan cyber security menjadi penting bahkan wajib. Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan IT profesional Hypernet terkait penggunaannya.

icon