Keuntungan Menggunakan Layanan Keamanan Data dan Tips Memilihnya
Artikel

Keuntungan Menggunakan Layanan Keamanan Data dan Tips Memilihnya

Dalam menjalankan bisnis berbasis digital, penggunaan layanan keamanan data bisa dikatakan sebuah keharusan. Memang, dunia digital yang memanfaatkan jaringan internet akan membuat manajemen bisnis bisa dilakukan dengan baik. Hanya saja, di balik kecepatan dan efektivitas yang tinggi tersebut terdapat ancaman cyber yang juga nyata.

Barangkali, Anda pernah membaca tentang peretasan sebuah website yang mengakibatkan perusahaan menderita kerugian? Hal semacam itu hanyalah salah satu dari berbagai ancaman cyber-attack yang perlu diwaspadai.

Kenapa Menggunakan Layanan Keamanan Data?

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan layanan keamanan data–dan juga bisa dijadikan alasan kenapa Anda menggunakannya. Beberapa keuntungan yang dimaksud adalah:

  1. Melindungi bisnis dari serangan cyber
    Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh National Cyber Security Alliance, sekitar 60% perusahaan skala kecil yang ada di Amerika Serikat menghentikan operasional mereka setelah 6 bulan karena adanya serangan cyber. Salah satu alasannya adalah perusahaan tersebut kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
    Fakta di atas adalah sebagian kecil dari ancaman besar yang sebenarnya mengintai. Dengan menggunakan layanan keamanan data, maka bisnis yang Anda kelola nantinya akan cenderung lebih aman dari serangan tersebut. Pasalnya, penyedia layanan keamanan akan melakukan deploy software untuk menangkal adanya kemungkinan sistem yang disusupi virus.
  2. Melakukan risk assessment
    Ada kemungkinan yang besar jika para pelaku kejahatan cyber menemukan celah dalam jaringan sebagai jalan masuk ke sebuah sistem perusahaan. Jika tidak disadari, hal inilah yang akan memberikan dampak berupa kerugian yang besar.
    Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan layanan keamanan data adalah adanya audit yang akan dilakukan. Proses audit ini nantinya akan menemukan beragam kelemahan dalam sistem jaringan untuk kemudian diperbaiki guna meningkatkan keamanan jaringan dan sistem perusahaan.
  3. Mengadakan training
    Membangun ekosistem yang melek digital di dalam perusahaan adalah hal penting. Banyak kasus terjadi di mana karyawan yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang keamanan cyber menjadi celah untuk pelaku kejahatan.
    Apabila Anda menggunakan layanan keamanan data, maka penyedia layanan tersebut akan melakukan pelatihan pada karyawan. Berbekal pengetahuan baru dari pelatihan tersebut nantinya karyawan akan memiliki pengetahuan dasar yang lebih baik sehingga bisa berperan dalam upaya pengamanan sistem jaringan.

Tentu, masih banyak keuntungan lain yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan layanan keamanan data. Dari segi pengelolaan bisnis, penggunaan layanan ini juga bisa meningkatkan rasa percaya dari konsumen.

Cara Memilih Penyedia Layanan Keamanan Data

Saat ini, ada banyak penyedia layanan keamanan data yang menawarkan layanan menarik untuk Anda gunakan. Tentu, adanya banyak penyedia memang akan memudahkan Anda untuk memilih. Hanya saja, untuk mendapatkan layanan terbaik, Anda perlu selektif.

Adapun tips untuk memilih penyedia layanan keamanan data yang tepat bagi perusahaan adalah:

  • Melakukan audit pada sistem perusahaan untuk mendapatkan gambaran akan kebutuhan keamanan data
  • Memeriksa klien dan menilai tingkat kepuasan mereka sebagai gambaran bagaimana penyedia layanan tersebut memberikan bantuan
  • Membandingkan layanan yang disediakan serta budget yang diperlukan untuk menggunakannya
  • Memilih penyedia layanan keamanan data yang memiliki CS responsif serta kooperatif untuk memudahkan komunikasi yang diperlukan

Dengan layanan keamanan data, permasalahan serangan cyber pada system perusahaan tidak akan terjadi. Untuk Anda yang sedang mencari penyedia layanan tersebut, Anda bisa menghubungi Hypernet sebagai salah satu penyedia layanan keamanan data terbaik di Indonesia!

icon