Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Belajar Mengajar Bagi Siswa
Article

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Belajar Mengajar Bagi Siswa

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi di era digital seperti sekarang ini memberikan perubahan yang cukup signifikan. Misalnya saja, kini banyak software belajar mengajar yang hadir sebagai platform belajar yang baru. Tren penggunaan software untuk belajar cenderung meningkat terlebih setelah program belajar daring dilakukan selama pandemi.

LMS atau Learning Management System berbasis internet ini merupakan inovasi yang cukup menarik, terutama untuk memudahkan para siswa belajar jarak jauh untuk mengatasi dampak pandemi. Hanya saja, di sisi yang lain tentu ada kekurangan yang muncul dari penggunaan sistem ini.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan aplikasi belajar mengajar terutama bagi para siswa tersebut?

Kelebihan Aplikasi Belajar Mengajar 

Ada cukup banyak kelebihan penggunaan aplikasi sebagai sarana belajar bagi para siswa. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kemudahan mencari materi
    Dengan penggunaan aplikasi sebagai platform belajar dan mengajar, maka para siswa akan mendapatkan kemudahan untuk mencari materi pembelajaran yang sesuai. Paket data yang mereka miliki bisa dimanfaatkan untuk melakukan searching tentang beragam materi tadi tanpa biaya yang mahal. Dengan demikian, masalah ketinggalan materi bisa diatasi dengan baik.

  2. Penyampaian materi cenderung lebih inovatif
    Berbekal fitur dari aplikasi belajar mengajar yang digunakan, guru bisa menyampaikan materi dengan lebih inovatif. Tidak ada kendala ruang dan waktu yang akan dihadapi. Bahkan, video penyampaian materi bisa disimpan yang nantinya bisa dilihat ulang oleh para siswa sehingga mereka akan mendapatkan penjelasan yang lebih baik.

  3. Kegiatan belajar dan mengajar menjadi lebih efektif
    Dengan menggunakan aplikasi belajar mengajar, maka kegiatan belajar cenderung bisa lebih efektif, terutama ketika pandemi masih berlangsung, Pasalnya, kegiatan belajar dan mengajar bisa dilaksanakan dengan waktu yang sama di lokasi yang berbeda sekalipun.

Selain beberapa kelebihan di atas, penggunaan aplikasi dalam kegiatan belajar dan mengajar juga memberikan kemudahan bagi para pekerja akademik. Penggunaan aplikasi akan memudahkan mereka untuk mengolah data administrasi menggunakan internet.

Kekurangan Aplikasi Belajar Mengajar

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, namun penggunaan aplikasi belajar dan mengajar juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  1. Ketergantungan dengan internet
    Hal pertama yang menjadi kekurangan penggunaan aplikasi untuk kegiatan belajar dan mengajar adalah ketergantungan dengan internet. Pasalnya, aplikasi belajar mengajar hanya bisa bekerja jika terdapat sambungan internet. Masalah akan muncul jika ketersediaan jaringan internet belum memadai ataupun terjadi permasalahan yang menyebabkan jaringan tersebut down.

  2. Interaksi guru dan siswa berkurang
    Memang, dengan menggunakan aplikasi, guru dan siswa tetap bisa melakukan interaksi, terlebih saat ini sudah ada teknologi video live streaming. Hanya saja, tidak dimungkiri bahwa intensitas interaksi tersebut cenderung berkurang jika dibandingkan dengan model pembelajaran secara langsung di kelas.

  3. Perlu pengawasan ekstra
    Penggunaan aplikasi dalam kegiatan belajar dan mengajar memang memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengakses materi dengan mudah. Hanya saja, jika tidak ada pengawasan yang ekstra, maka target pembelajaran bisa saja tidak tercapai karena siswa mengakses hal lain di luar materi.
    Tantangan ini bisa dikatakan cukup besar dan begitu nyata. Terlebih, saat ini ada banyak sekali game online yang muncul dan menarik minat para siswa untuk memainkannya.

Bisa dikatakan bahwa jika digunakan dengan baik, aplikasi belajar mengajar akan memberikan dampak yang sangat positif dalam kegiatan belajar siswa. Apabila Anda ingin mengembangkan aplikasi tertentu terutama berkaitan dengan kegiatan belajar, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi IT yang disediakan oleh Hypernet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian