Peran Penting Infrastructure as a Service (IaaS) dalam Perusahaan
Article

Peran Penting Infrastructure as a Service (IaaS) dalam Perusahaan

Penggunaan Infrastructure as a Service (IaaS) sangat diminati oleh berbagai perusahaan, terutama perusahaan startup maupun menengah karena mereka bisa menyimpan data di perusahaannya dengan aman tanpa perlu membeli perangkat fisik.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Infrastructure as a Service (IaaS)?

Pengertian Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Service (IaaS) merupakan server fisik berupa virtualisasi. IaaS biasanya dikelola dengan jaringan internet, di mana di dalamnya terdapat beberapa elemen seperti IP address, bandwidth, dan sistem keamanan yang pengoperasiannya berada dalam satu ruang lingkup IaaS.

Dengan menggunakan IaaS, perusahaan bisa mengakses serta menyimpan data perusahaannya di dalam sebuah server melalui dashboard maupun Application Programming Interface (API). Bahkan, perusahaan juga bisa menggunakan server tanpa harus membeli komputer maupun perangkat fisik lainnya.

Manfaat Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Service bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut:

  • Uji coba pengembangan sistem aplikasi perusahaan;
  • Dijadikan sebagai tempat deploy web apps perusahaan;
  • Back up data dan recovery data yang dimiliki oleh perusahaan;
  • Analisis Big Data yang memudahkan proses pengumpulan data di perusahaan.

Kelebihan Infrastructure as a Service (IaaS)

Terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan Infrastructure as a Service, yakni:

  • Aman

Infrastructure as a Service tidak bisa diakses oleh sembarangan pihak sehingga pemakaiannya sangatlah aman untuk menyimpan data perusahaan.

  • Hemat

Perusahaan dapat menghemat pengeluaran ketika menggunakan IaaS karena hanya perlu memanfaatkan sumber daya yang diperlukan

  • Akses mudah

Aksesnya mudah, bisa digunakan di mana saja dan kapan saja tanpa perlu kerepotan membawa perangkat fisik dan hanya memanfaatkan jaringan internet.

  • Bisnis terbantu

Infrastructure as a Service dapat membantu perkembangan bisnis di perusahaan karena dikelola provider profesional sehingga terjamin keamanannya.

  • Biaya perbaikan gratis

Perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya perbaikan jika data perusahaan mengalami karena ditanggung langsung oleh provider Infrastructure as a Service.

Itu dia penjelasan singkat Infrastructure as a Service (IaaS), manfaat, dan kelebihan yang ditawarkannya. Yuk, gunakan di perusahaan Anda dengan memilih layanan dari Hypernet.

Sebagai salah satu perusahaan Cloud provider Indonesia, Hypernet membantu menyimpan data di perusahaan dengan sangat aman. Bahkan, teknologi yang dimiliki oleh Hypernet memungkinkan Anda berkolaborasi dengan karyawan, menjamin keamanan di perusahaan, mendukung pertumbuhan bisnis, dan lainnya.

Hubungi kami untuk berbicara dengan tim konsultan IT kami.

id_IDIndonesian