Berbagai Tantangan yang Dihadapi Kantor Cabang dan Solusinya
Artikel

Berbagai Tantangan yang Dihadapi Kantor Cabang dan Solusinya

Semakin berkembangnya usaha maka akan semakin luas juga jangkauan pasar usaha Anda. Hal ini seringkali menuntut Anda harus membuka cabang di beberapa lokasi untuk bisa lebih mendekati pasar yang ditargetkan. Namun, dengan banyaknya cabang yang tersebar di berbagai lokasi maka pastinya akan menimbulkan masalah baru, salah satunya terkait komunikasi.

Tantangan yang Dihadapi Kantor Cabang

Ketika seluruh aktivitas dilakukan secara terpusat dalam satu lokasi, maka pengelolaannya akan lebih mudah dibandingkan dengan adanya cabang di berbagai tempat. Berikut ini adalah beberapa tantangan yang umum terjadi pada kantor cabang dan cara mengatasinya:

  • Penyebaran Informasi Tidak Merata

Ketika ada sebuah update yang terjadi pada perusahaan, baik itu kebijakan, SOP, dan sebagainya, akan disampaikan oleh HRD melalui kepala bagian sebuah departemen. Namun terkadang, tidak semua update informasi ini sampai ke seluruh anggota tim dari departemen tersebut. Khususnya jika suatu departemen juga tersebar dalam beberapa cabang.

  • Biaya Komunikasi

Semakin banyaknya cabang maka secara otomatis biaya komunikasi juga akan meningkat. Sebab setiap cabang harus selalu terkoneksi agar tidak terjadi kesalahan operasional. Baik untuk melakukan meeting, pengiriman data antar cabang, komunikasi keseharian, dan sebagainya.

  • Integrasi Sistem Pada Seluruh Cabang

Bertambahnya cabang artinya akan meningkat juga biaya yang harus disiapkan untuk infrastruktur IT di cabang baru. Belum lagi pengelolaan jaringan untuk mengintegrasikan seluruh sistem kerja dengan pusat dan cabang lainnya. Semua hal tersebut harus dilakukan secara profesional untuk memastikan tidak adanya kendala saat digunakan.

  • Keamanan Sistem

Untuk dapat mendukung operasional, kantor cabang pasti akan membutuhkan akses untuk masuk ke jaringan pusat agar bisa menarik serta menggunakan data yang dibutuhkan. Lalu lintas antar cabang maupun cabang dengan pusat inilah yang sering menjadi incaran hacker. Ketika jaringan berhasil disusupi oleh hacker, maka dampak yang terjadi pada perusahaan bisa sangat besar. Bahkan bisa melumpuhkan operasional secara penuh.

Solusi Hadapi Tantangan Kantor Cabang

Untuk menghadapi tantangan di atas, perusahaan bisa memanfaatkan SaaS (Software as a Service) berbasis cloud dan juga SD-WAN. Berdasarkan laporan Tren SaaS pada Tahun 2019 lalu, rata-rata perusahaan menghabiskan sekitar $343.000 untuk SaaS. Nominal ini meningkat 78% dari tahun sebelumnya.

Penggunaan SaaS dianggap lebih efektif bagi perusahaan terutama yang memiliki banyak cabang karena lebih efisien dalam hal biaya. Selain itu, karena berbasis cloud maka dapat dengan mudah diakses oleh karyawan.

Sementara untuk jaringan perusahaan dengan banyak cabang, penggunaan SD-WAN dapat menjadi pilihan yang tepat. SD-WAN (Software Definition Wide Area Network) memungkinkan perusahaan untuk melakukan akses data lebih cepat karena tingginya bandwidth yang tersedia. Selain itu, SD-WAN juga sangat mendukung perusahaan yang menerapkan sistem cloud computing untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Dari segi keamanan, SD-WAN menjaga keamanan traffic jaringan dengan penerapan enkripsi yang kuat. Melansir dari situs securityboulevard.com, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh IT profesional pada organisasi dengan lebih dari 1.000 karyawan, 85% di antaranya menyatakan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan SD-WAN terkait masalah keamanan.

Hypernet Bantu Atasi Tantangan Kantor Cabang Anda

Jika Anda saat ini sedang menghadapi tantangan akibat banyaknya kantor cabang, makaHypernet siap untuk membantu Anda mengatasinya. Hypernet menyediakan berbagai layanan lengkap yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi kebutuhan Anda.

icon