Penyebab Meningkatnya Traffic Secara Mendadak Pada Jaringan
Article

Penyebab Meningkatnya Traffic Secara Mendadak Pada Jaringan

Semakin tinggi traffic pada jaringan maka secara otomatis akan semakin lambat pula kinerja pada jaringan tersebut. Seperti saat Anda berkendara, semakin padat kendaraan di sebuah jalan maka kondisi perjalanannya pasti akan tersendat.

Untuk mencegah lambatnya sistem akibat traffic yang padat, perusahaan akan menggunakan bandwidth menyesuaikan kondisi traffic rutin yang terjadi dalam jaringan. Sebab, semakin tinggi bandwidth maka biaya yang dikeluarkan juga semakin besar. Itulah alasannya perusahaan hanya melakukan upgrade bandwidth saat dibutuhkan. Namun, bagaimana jika peningkatan traffic pada jaringan terjadi secara mendadak?

Penyebab Meningkatnya Traffic Secara Mendadak

Kondisi meningkatnya traffic secara mendadak merupakan hal yang cukup sering terjadi karena beberapa penyebab, yaitu:

  • Automatic software update

Melakukan update pada software memang sangat penting, tetapi proses ini akan meningkatkan traffic pada jaringan dan memperlambat koneksi. Terlebih lagi jika banyak perangkat yang melakukan update secara bersamaan, maka traffic akan meningkat secara mendadak.

  • Automatic virus scan

Untuk mencegah adanya serangan virus, trojan, dan sebagainya, banyak user yang melakukan setting automatic virus scan pada perangkatnya. Ketika banyak data yang di-scan dan perangkat yang melakukan proses ini maka akan memengaruhi traffic jaringan.

  • Schedule backups

Untuk mencegah hilangnya data akibat human error, musibah, dan sebagainya, melakukan backup data secara berkala sangatlah penting. Namun adanya proses pengiriman data dari perangkat client pada server dapat menyebabkan peningkatan traffic. Terutama jika pengiriman data pada cloud yang akan membutuhkan banyak bandwidth dari internet service provider yang Anda gunakan.

  • Feedback loop email

Ini adalah kondisi di mana pengiriman email mengalami masalah tetapi sistem terus melakukan resent atau pengiriman ulang secara berkala. Hal ini disebabkan karena ketidakcocokkan antara implementasi dua SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) sehingga terjadilah feedback loop yang terlihat seperti pengiriman email yang sama setiap 5 menit dan menghabiskan bandwidth jaringan.

  • Malicious traffic

Saat ini banyak cyber crime yang menyerang targetnya dengan memasuki jaringan. Secara otomatis, kehadiran oknum tidak bertanggung jawab ini akan turut serta meningkatkan traffic dalam jaringan. Bahayanya lagi, mereka bisa saja hanya diam dalam jaringan dan mengawasi setiap aktivitas dalam jaringan atau melakukan serangan secara langsung pada perangkat.

Dampak Meningkatnya Traffic Pada Jaringan

Ketika sebuah jaringan terlalu padat, maka sudah pasti proses kerjanya akan melambat. Hal ini pastinya akan berdampak pada efektivitas serta efisiensi waktu kerja karyawan Anda. Anda mungkin bisa mengatasinya dengan menambah bandwidth, tetapi seperti yang telah disebutkan, semakin tinggi bandwidth artinya semakin mahal biaya yang harus dibayarkan. Sementara peningkatan traffic hanya terjadi sementara. Artinya, setelah traffic kembali normal Anda harus tetap membayar biaya penambahan bandwidth yang tidak secara efektif digunakan.

Cegah Peningkatan Traffic Mendadak Bersama Hypernet

Cara paling efektif adalah dengan memastikan semua schedule yang berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan traffic diatur di luar jam sibuk. Pastikan juga bahwa jaringan dikelola secara profesional untuk mengamankannya dari serangan oknum tidak bertanggung jawab.

Hypernet dapat membantu Anda mengatasi masalah ini dengan pengelolaan IT secara keseluruhan secara profesional sesuai kebutuhan usaha Anda. Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi layanan kami lebih lanjut.

id_IDIndonesian