Peran Software untuk Kelangsungan Bisnis Perusahaan
Article

Peran Software untuk Kelangsungan Bisnis Perusahaan

Software memang sangat dibutuhkan di dalam perusahaan karena fungsinya membantu memudahkan aktivitas bisnis di perusahaan. Bahkan, software juga bisa disebut sebagai one stop solution bagi perusahaan lantaran fungsi yang diberikannya tersebut.

Definisi Software

Software merupakan perangkat lunak yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital dengan fungsi tertentu. Software sendiri tidak berwujud dan dioperasikan lewat perangkat komputer.

Dalam pembuatannya, software memerlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh programmer. Setelah itu, software dikompilasikan menggunakan aplikasi komputer supaya menjadi kode dan bisa dibaca oleh hardware komputer.

Sejarah Software

Teori software sendiri pertama kali dikemukakan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam esainya yang berjudul “Nomor Komputasi dengan Aplikasi ke Masalah Entscheidung.”

Namun, istilah software diciptakan oleh seorang matematikawan dan ahli statistik, John Turkey. Dirinya menggunakan istilah ini di American Mathematical Monthly edisi 1958.

Fungsi Software

Terdapat beberapa fungsi software untuk sistem operasi komputer, di antaranya:

  • Mengatur hardware yang ada pada komputer sehingga bisa bekerja secara optimal;
  • Menyediakan fungsi dasar yang dibutuhkan komputer sehingga bisa dioperasikan;
  • Menghubungkan hardware dan software lain yang ada di dalam komputer;
  • Mengidentifikasi program-program di dalam komputer;
  • Menjadi penerjemah perintah dari software lain yang menggunakan bahasa mesin sehingga lebih mudah dipahami hardware.

Kategori Software

Software dikategorikan menjadi dua bagian, yakni:

  • Software berdasarkan jenis yang mencakup Application Software, Operating System, dan Programming Language.
  • Software berdasarkan distribusi diklasifikasikan dalam beberapa jenis seperti Freeware, Adware, Spyware, OpenSource, Shareware, Malware, dan Filmware.

Peran Software Bagi Perusahaan

Software memiliki peranan yang cukup penting di dalam sebuah perusahaan. Berikut adalah peranannya:

  1. Alat kontrol

Software membantu perusahaan melakukan kontrol terhadap kinerja karyawan maupun aspek lain yang membutuhkan pengukuran digital. Dalam prosesnya, software biasanya memberikan hasil yang objektif.

  1. Keamanan data

Software juga bermanfaat untuk meningkatkan keamanan data di perusahaan, khususnya yang berhubungan dengan data digital,

  1. Akurasi data

Software diciptakan dengan teknologi super canggih sehingga membantu perusahaan mendapatkan akurasi data yang akurat dan tepat.

  1. Mengolah dan mengumpulkan data

Sofware pun berfungsi untuk mengolah sekaligus mengumpulkan data di perusahaan. Di mana, data-data tersebut diolah dan dikumpulkan untuk pengambilan keputusan.

Itulah dia penjelasan singkat mengenai software dan perannya terhadap kelangsungan bisnis perusahaan.

Nah, untuk meningkatkan kelangsungan bisnis, maka percayakan pembuatan software di perusahaan Anda pada software house yang memiliki Jasa Kelola IT Professional. Hypernet merupakan salah satu pilihan terbaiknya.

Untuk info lebih lanjut, segera hubungi kami!

id_IDIndonesian