Ini Dampak Mengabaikan Update Pada Software
Article

Ini Dampak Mengabaikan Update Pada Software

Meskipun sebuah software telah dirilis oleh perusahaan pengembangnya, belum tentu software tersebut sudah sempurna tanpa masalah. Sebab, perbedaan spesifikasi perangkat, penggunaan, aplikasi yang digunakan oleh user, dan berbagai hal lain dalam penggunaannya terkadang membuat sebuah software mengalami masalah. Hal ini umumnya baru diketahui setelah software tersebut benar-benar rilis dan mulai digunakan oleh masyarakat umum.

Di sinilah manfaat dari update software. Melalui review dan komplain yang disampaikan oleh para pengguna, pengembang software akan berusaha memperbaikinya dan mengirimkannya pada pengguna melalui update. Sayangnya, banyak orang yang justru mengabaikannya dan memilih untuk menggunakan software dengan versi lamanya.

Teknologi baru ini diklaim dapat menggantikan kedudukan jaringan-jaringan lama, seperti MPLS, karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Kendati begitu, tingkat keamanan modern WAN disebut-sebut masih sedikit kalah dibanding MPLS. Apakah penyebab utama di balik isu ini? Simak ulasan lengkapnya serta langkah-langkah yang dapat perusahaan lakukan untuk meningkatkan keamanannya di bawah ini.

Mengapa Update Software Sering Diabaikan?

Tentunya keputusan para pengguna atau user untuk mengabaikan adanya update bukan tanpa alasan, dan berikut ini di antaranya:

  • Menghabiskan memory

Setiap ada update software artinya ada tambahan memory yang harus dipersiapkan untuk menerima update tersebut. Banyak orang yang merasa bahwa menginstall update hanya akan membuat memory perangkatnya cepat habis.

  • Puas dengan versi lama

Sudah puas dengan software versi yang digunakan saat ini jadi untuk apa melakukan update? Apalagi terkadang pengembang tidak hanya melakukan penambahan fitur atau perbaikan sistem saja, tetapi juga mengubah UI (User Interface) sehingga membuat user harus melakukan adaptasi kembali.

  • Bermasalah dengan versi baru

Banyak orang yang menunda update software karena ingin melihat review pengguna lain yang telah melakukan update terlebih dahulu. Ketika ada user yang memberi penilaian negatif akan membuat user lain memilih tidak meng-update software miliknya.

Risiko Mengabaikan Update Pada Software

Beberapa software mungkin tidak mewajibkan Anda melakukan update, tetapi banyak juga yang mewajibkannya dengan cara mematikan fungsi aplikasi hingga user melakukan update. Namun, baik wajib atau tidak, melakukan update pada software sebenarnya sangatlah penting agar tidak mengalami risiko berikut:

  • Keamanan

Pada setiap update yang dirilis, pengembang akan menambahkan fitur keamanan untuk mencegah adanya serangan cyber crime. Sistem keamanan tersebut akan selalu disesuaikan dengan risiko cyber crime yang marak terjadi. Dengan mengabaikan update maka software yang digunakan belum terlindungi dari ancaman ini.

  • Fitur

Melalui update software, pengembang akan memberikan fitur tambahan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ketika software tidak di-update, maka user tidak akan bisa menikmati fitur terbaru tersebut dan berpotensi mengurangi efektivitas kerjanya.

  • Perbaikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, update software akan memperbaiki berbagai masalah yang dirasakan oleh user setelah penggunaannya. Mengabaikan update akan membuat software tidak mampu bekerja secara optimal karena masih memiliki error atau bug di dalamnya. Bahkan berpotensi menyebabkan hal yang fatal jika bug berada di area yang terkait dengan keamanan.

Mengapa Software Lambat Setelah Update?

Ini merupakan masalah umum yang membuat orang menjadi malas untuk melakukan update software. Padahal salah satu penyebab utama dari masalah ini terdapat pada kompatibilitas perangkat lainnya, baik hardware (perangkat keras) maupun software (perangkat lunak) yang digunakan.

Misalnya update software yang dilakukan membutuhkan setidaknya 8GB RAM sementara komputer Anda hanya menggunakan 4GB, maka sudah pasti software tidak akan bekerja optimal setelah update. Itulah sebabnya Anda diharapkan untuk memeriksa spesifikasi yang dibutuhkan sebelum melakukan update software.

Hypernet Membantu Anda Pastikan Software Selalu Update

Dalam dunia bisnis, update pada software menjadi hal yang lebih penting lagi terutama dalam hal keamanan dan efisiensi kerja. Sebab ada banyak data perusahaan yang harus selalu dijaga kerahasiaannya. Selain itu, juga software yang mengalami masalah akibat tidak di-update akan menyebabkan terganggunya operasional yang berdampak pada finansial perusahaan.

Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan menggunakan jasa kelola IT profesional seperti Hypernet. Tidak hanya melakukan update secara rutin pada software, tetapi Hypernet juga memastikan bahwa hasil update tersebut berjalan sempurna tanpa gangguan. Tertarik menggunakan jasa Hypernet? Segera hubungi kami untuk mendiskusikannya lebih lanjut.

id_IDIndonesian