Layanan Konsultan IT
Article

Bagaimanakah Konsultan IT Membantu Perusahaan Anda?

Konsultan IT adalah individu atau tim ahli yang menawarkan layanan konsultasi dan pendampingan terkait teknologi informasi suatu perusahaan demi terciptanya keselarasan dengan strategi dan tujuan bisnis perusahaan tersebut.

Ketika perusahaan Anda menyewa jasa konsultan IT, artinya organisasi Anda sedang menyewa pengalaman, pengetahuan, serta portofolio konsultan IT yang dapat membantu kemajuan bisnis Anda. Sebab, individu atau tim ahli inilah yang akan mengatur manajemen, implementasi, penyebaran, hingga pemeliharaan infrastruktur IT perusahaan Anda.

Untuk itulah, konsultan IT penting dimiliki sebuah perusahaan, terutama jika organisasi Anda tidak memiliki tenaga ahli bagian IT sendiri.

Cakupan Pekerjaan Konsultan IT

Secara umum, individu atau tim ahli konsultan IT bertanggung jawab atas beberapa cakupan pekerjaan terkait teknologi informasi berikut ini:

  • Membuat strategi teknologi. Melansir laman Savvycom, tugas awal seorang atau tim konsultan IT ialah melakukan riset pada sistem dan perangkat teknologi informasi yang dimiliki sebuah perusahaan. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah ketersediaan sistem dan perangkat tersebut sudah cocok dengan kebutuhan perusahaan atau belum.

Jika sudah, konsultan IT akan bekerja sama dengan tim IT perusahaan Anda untuk menjembatani serta mensuplai ilmu yang belum dimiliki oleh tim IT perusahaan. Andaikan belum, konsultan IT tentu saja akan menyusun strategi teknologi terbaik untuk keamanan data, jaringan, serta komunikasi intraperusahaan agar searah dengan tujuan bisnis perusahaan.

Tugas penyusunan strategi ini pun tidak berhenti sampai di situ, sebab konsultan IT akan membantu kalkulasi total biaya yang diusulkan serta membuat perencanaan instalasi teknologi tambahan sebelum beranjak ke cakupan pekerjaan selanjutnya.

  • Mengimplementasi perangkat atau solusi teknologi baru. Setelah perusahaan Anda menyepakati besaran dan tingkatan kebutuhan IT organisasi, konsultan IT akan mulai menjalankan implementasi perangkat atau solusi teknologi baru sesuai analisis awal.

Proses ini barang kali terkesan enteng, akan tetapi, ruang lingkup teknologi informasi sendiri bukanlah suatu hal yang sederhana. Mulai dari platform, bahasa pemrograman, metodologi, teknologi, alat—semuanya bersifat kompleks; terutama bila tidak ditangani oleh pihak yang benar-benar menguasai.

Belum lagi kemungkinan ancaman dan risiko “kerusakan” atau kehilangan data selama pelaksanaan peralihan. Itulah mengapa proses implementasi harus direncanakan matang-matang dan dibekali dengan susunan strategi yang tepat, efisien, serta tahan lama.

  • Memelihara infrastruktur teknologi informasi. Apabila penyesuaian solusi teknologi baru telah sempurna diterapkan, konsultan IT tidak akan pergi begitu saja. Pasalnya, individu atau tim ini masih akan terus mendampingi perusahaan Anda untuk memelihara infrastruktur teknologi informasi perusahaan.

Pemeliharaan infrastruktur teknologi informasi ini bukan hanya sekadar memeriksa dan membetulkan ketika ada gangguan, melainkan juga menjamin kelangsungan bisnis berbasis teknologi Anda berjalan lancar. Dengan begitu, hambatan teknologi dapat teratasi dan produktivitas karyawan perusahaan Anda pun bisa meningkat.

Demikianlah ulasan tentang bagaimana konsultan IT dapat membantu kelangsungan bisnis Anda. Jika Anda bertanya-tanya kapankah waktu paling tepat bagi bisnis Anda untuk menggunakan konsultan IT, jawabannya ialah ketika satu dari ketiga kebutuhan di atas belum dapat diterapkan secara penuh oleh tim IT perusahaan Anda.

Penuhilah kebutuhan teknologi informasi perusahaan Anda bersama Hypernet. Dengan susunan anggota tim dari berbagai latar belakang dan pengalaman, layanan konsultan IT terbaik kami akan membuat Anda tidak lagi berhadapan dengan masalah IT. Sebaliknya, Anda bisa fokus pada bisnis demi peningkatan produktivitas perusahaan Anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

id_IDIndonesian