Jasa kelola layanan IT
Article

Cara Mengoptimalkan Biaya IT Infrastruktur Perusahaan

Adanya pandemi telah memengaruhi segala sektor, termasuk sistem kerja pada sebuah perusahaan. Sejak diberlakukannya PSBB total pada tahun 2020 lalu, banyak perusahaan yang mulai menerapkan WFH (Work From Home). Terlebih dengan pemberlakuan kembali PPKM darurat sejak 3 Juli 2021 yang mengharuskan perusahaan kembali menerapkan WFH bagi karyawannya. Memang beberapa perusahaan sudah kembali memulai aktivitasnya secara normal yaitu WFO (Work From Office) dengan beberapa pembatasan, tetapi banyak juga yang masih menerapkan WFH hingga saat ini.

Adanya perubahan sistem kerja seperti ini tentu menuntut tim IT perusahaan Anda harus beradaptasi secara cepat agar operasional perusahaan tidak terganggu. Namun, hal ini juga berdampak pada meningkatnya biaya perusahaan terkait IT Infrastruktur.

Mengoptimalkan Biaya IT Infrastruktur Perusahaan

  • Beralih ke Cloud

Bagi perusahaan yang belum memanfaatkan cloud system, melakukan migrasi  ke teknologi cloud dapat membantu mengurangi biaya IT. Dengan cloud system, Anda tidak hanya bisa memanfaatkannya sebagai media penyimpanan dan data sharing saja, tetapi juga fitur lainnya seperti SaaS (Software as a Service), PaaS (Platform as a Service), dan IaaS (Infrastructure as a Service).

Sementara, untuk perusahaan Anda yang sudah memanfaatkan cloud system bisa berusaha untuk mengoptimalkan fungsi dan fitur cloudnya. Diperkirakan penghematan biaya IT bisa menurun hingga 30% dengan mengoptimalkan cloud system yang sudah digunakan.

  • IT yang Fleksibel

Lakukan analisa terhadap IT Infrastruktur Anda dan pahami kebutuhan perusahaan Anda. Dengan analisa ini Anda akan mengetahui apakah ada bagian yang kurang efektif tetapi memakan biaya cukup tinggi. Anda bisa menonaktifkan aplikasi atau layanan yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sehingga biaya yang dibayarkan semakin sedikit.

Misalnya untuk Anda yang sudah menerapkan cloud system dengan kapasitas dan layanan paling lengkap, Anda bisa mengurangi layanan yang diberikan dan hanya membeli paket sesuai dengan kebutuhan.

  • Maksimalkan aset yang ada

Teknologi memang memiliki usia pakai karena adanya perkembangan dari waktu ke waktu. Namun, selama perangkat yang sudah ada masih bisa digunakan dan tidak mengganggu kinerja perusahaan, maka Anda bisa tetap menggunakannya. Hanya ganti perangkat dengan yang baru jika memang dibutuhkan.

Agar perangkat IT di perusahaan Anda dapat memiliki usia pakai yang lama, maka Anda wajib untuk melakukan perawatan dengan baik. Baik dari segi perangkat kerasnya hingga perangkat lunaknya.

  • Jalin kerjasama

Jika Anda membangun IT Infrastruktur dengan menggunakan jasa kelola IT Profesional, maka jalinlah kerjasama yang baik dengan mereka. Tidak hanya dengan bersikap baik saja, tetapi berusahalah memberikan peluang yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Dengan hubungan yang baik memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel dalam menentukan layanan IT sesuai kebutuhan Anda.

Hypernet Untuk Optimalkan Fungsi IT Perusahaan

Membangun sebuah IT Infrastruktur sendiri di perusahaan bukan hal yang mudah dan murah. Dengan banyaknya bidang pada dunia IT, kemajuan teknologi, dan ancaman cyber crime membuat penanganan IT menjadi sesuatu yang cukup rumit.

Hypernet merupakan managed serviced provider yang siap untuk membantu Anda mengatasi semua masalah tersebut. Hypernet akan merancangkan IT Infrastruktur yang paling tepat dan sesuai kondisi serta kebutuhan perusahaan Anda dengan biaya yang terjangkau. Dengan memanfaatkan MSP, Anda bisa dengan mudah melakukan penghitungan biaya terkait IT Infrastruktur dan tidak perlu takut dengan adanya pembengkakan biaya secara tiba-tiba karena suatu hal.

Tertarik untuk menggunakan jasa Hypernet? Segera hubungi kami untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan Anda.

id_IDIndonesian