Data security managed service
Article

Cara Mudah Menjaga Keamanan Data Perusahaan

Mengamankan data perusahaan demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti tersebarnya informasi karyawan, informasi terkait data pelanggan, hingga strategi bisnis perusahaan memang penting dilakukan.

Pasalnya, jika datanya tersebar, baik karyawan maupun pelanggan tentu akan merasa tidak aman. Bahkan, strategi bisnis pun bisa terkuak ke publik, yang mana jelas-jelas itu adalah privacy perusahaan.

Untuk itu, supaya data-data di perusahaan tidak tersebar, Anda perlu untuk mengamankannya sebaik mungkin.

Cara Menjaga Keamanan Data Perusahaan

1. Cek data yang membutuhkan keamanan ekstra

Pertama, cek terlebih dahulu mana saja data yang membutuhkan keamanan ekstra. Baik itu, informasi karyawan, pelanggan, maupun catatan keuangan. Pastikan, seberapa sensitif data tersebut.

Baru kemudian dibuat catatan komprehensif terkait data tersebut, siapa yang boleh mengaksesnya, dan mengidentifikasi risiko keamanannya di masa mendatang.

2. Ajari karyawan terkait keamanan jaringan

Penting bagi Anda untuk mengajari karyawan terkait praktik keamanan jaringan pada saat karyawan membuka data miliknya. Ini dilakukan guna menghindari terjadinya kebocoran data.

Sebab, saat ini, karyawan bisa membuka pekerjaan di perangkat manapun. Jika enkripsi perangkat tersebut kurang, password yang digunakan tidak aman, dan dibuka di perangkat public tentunya bisa meningkatkan risiko kebocoran data.

3. Atur pembaruan perangkat lunak otomatis

Biasanya, beberapa peretas berusaha untuk memindai situs perusahaan untuk melihat versi perangkat lunak manakah yang digunakan di perusahaan. Alasan peretas melakukan ini adalah untuk memudahkannya dalam meng-hack data-data di perusahaan.

Untuk mencegah eksploitasi seperti ini, sebaiknya Anda harus selalu memperbarui sistem operasi, perangkat lunak, sekaligus keamanan perangkat di perusahaan.

4. Manfaatkan data center untuk keamanan data

Guna menghindari terjadinya kebocoran data dan keamanannya tetap terjaga, maka Anda disarankan untuk memanfaatkan data center. Seperti diketahui, data center merupakan sebuah fasilitas yang dikelola untuk menyimpan data (database) dan telekomunikasi.

Dengan menggunakan teknologi satu ini, maka data perusahaan akan tersimpan dengan aman karena beberapa data center sudah dibekali dengan 4 Tier.

Jaga Keamanan Data Perusahaan dengan Hypernet

Hypernet hadir untuk membantu menjaga keamanan data di dalam perusahaan dengan mengembangkan solusi Data Security Managed Service.

Layanan managed service provider dari Hypernet ini menyediakan keamanan End Point dan layanan VPN perusahaan sehingga membantu mengembangkan bisnis tanpa perlu khawatir dengan keamanan data dan jaringan di perusahaan.

Layanan ini terwujud berkat kerjasama dengan principal network security terbaik di dunia, dari Sophos, Bitdefender, Sangfor, dan Fortinet.

Mau menjaga keamanan data di perusahaan? Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim kami dan segera hubungi kami untuk info lebih lanjut.

id_IDIndonesian