Managed Service Provider
Article

Pentingnya Data Center untuk Keamanan Data Perusahaan

Data Center atau Pusat Data kerap dijadikan opsi penyimpanan serta pengamanan data bagi perusahaan yang memiliki data digital dalam jumlah besar dan bersifat rahasia. Adanya Data Center, maka data-data perusahaan bisa tersimpan dengan aman tanpa khawatir serangan hacker.

Pengertian Data Center

Data Center merupakan sebuah fasilitas yang dikelola untuk penyimpanan data (database) dan telekomunikasi. Fasilitas ini biasanya mencakup koneksi komunikasi data redundan, catu daya redundan, pengontrol lingkungan, dan berbagai perangkat keamanan lainnya.

Berdasarkan fungsinya, Data Center terbagi menjadi dua kategori, yakni:

  • Internet Data Center (IDC), bermanfaat untuk mendukung aplikasi terkait internet saja. Biasanya, dioperasikan dan dibangun oleh perusahaan yang memiliki model bisnis internet commerce.
  • Corporate atau Enterprise Data Center (EDC), bermanfaat untuk mendukung semua fungsi yang memungkinkan berbagai model bisnis berjalan pada layanan intranet, internet, hingga keduanya.

Manfaat Data Center untuk Perusahaan

Terdapat beberapa manfaat yang ditawarkan Data Center jika menggunakannya dalam perusahaan, di antaranya:

  • Efisien

Data Center memberikan efisiensi anggaran dan waktu. Terutama untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang finansial karena dapat memudahkan transaksi.

  • Performa unggul

Data Center memiliki sistem keamanan terbaik sehingga data-data perusahaan akan tersimpan dengan aman dan jika sewaktu-waktu perusahaan membutuhkan datanya, maka dapat dikirimkan dalam waktu singkat.

  • Tingkat keamanan tinggi

Data Center memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi karena beberapa Data Center sudah dilabeli dengan rating 4 Tier. Dengan demikian, maka dapat membantu meningkatkan keamanan proteksi data-data penting perusahaan.

  • Mendukung sustainable operasional perusahaan

Data Center mendukung keberlangsungan (sustainability) operasional dalam sebuah perusahaan karena dirancang untuk memastikan zero failure dari komponen-komponen pendukungnya. 

Meski Data Center sangat krusial bagi keamanan data di dalam perusahaan, namun keberadaan Data Center di Indonesia masih sangat terbatas.

Seringkali pelaku bisnis menemui kendala dalam pengamanan pada tingkat perangkat End Point dan investasi Network Security mereka karena kedua hal tersebut membutuhkan dana yang besar untuk penanganannya.

Belum lagi, perusahaan perlu IT Security Staff untuk menjaga keamanan data tersebut.

Melihat kebutuhan tersebut, Hypernet mengembangkan solusi Security Managed Service, yang menjawab kebutuhan pelanggan terkait keamanan dan infrastruktur IT perusahaan. Di mana, tersedia layanan keamanan End point dan layanan VPN Perusahaan.  

Hypernet, managed service provider membantu bisnis tetap berkembang tanpa perlu memusingkan keamanan data dan jaringan internet di dalam perusahaan. Layanan ini terwujud berkat kerjasama dengan principal network security terbaik di dunia untuk dapat mengamankan data dan jaringan perusahaan.

Apakah Anda punya pertanyaan terkait solusi keamanan data? Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim IT kami. Hubungi kami sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian