internet provider, managed service provider, wifi provider, internet, wifi kantor, internet kantor
Uncategorized

Internet di Kantor Lambat? Ini Penyebabnya!

Internet memang dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan, terutama di kantor. Namun, bagaimana jadinya jika jaringan internet di kantor lambat? Tentunya, membuat Anda kesal, terlebih jika sedang ada deadline pekerjaan atau harus mengirimkan email penting ke klien.

Apa sebenarnya yang menjadi penyebab internet kantor lambat?

Setidaknya, ada beberapa faktor penyebab yang dapat memengaruhi lambatnya jaringan internet di kantor, di antaranya:

  1. Kabel jaringan internet terputus

Penyebab pertama adalah karena kabel jaringan internet di kantor terputus. Baik itu, kabel jaringan UTP maupun kabel LAN dari router ke access point lainnya. Atau, bisa juga disebabkan karena sambungan LAN ke perangkat router tidak pada port yang tepat.

  • Router internet rusak

Router merupakan perangkat utama yang berfungsi menerima jaringan internet melalui kabel, lalu kemudian membagikannya ke perangkat lain dengan sinyal WiFi. Jika perangkat ini rusak, maka bisa menyebabkan jaringan internet menjadi bermasalah atau bahkan bisa mati.

  • Bandwidth jaringan kecil

Penyebab lainnya karena bandwidth jaringan internet yang digunakan terlalu kecil. Sementara, pemakaian internetnya sendiri membutuhkan bandwidth yang besar.

  • Penempatan router yang kurang tepat

Meletakkan router di ruangan tertutup maupun posisinya terlalu jauh dari ruang kerja juga menjadi penyebab lambatnya jaringan internet di kantor. Untuk itu, tempatkanlah router tersebut di lokasi yang stategis agar jaringannya tidak lambat. 

  • Terjadi interferensi jaringan

Hal lainnya yang dapat menyebabkan lambatnya internet adalah karena terjadi interferensi jaringan. Interferensi jaringan sendiri merupakan kemacetan pada frekuensi jaringan akibat banyaknya perangkat yang menggunakan jaringan yang sama.

Cara mengatasi internet kantor yang lambat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi internet kantor yang lambat, seperti:

  • Periksa satu per satu kabel LAN pada jaringan internet kantor Anda. Jika ada kabel yang putus segera ganti dengan yang baru;
  • Jangan meletakkan router di tempat yang terlalu tertutup atau jauh dari ruangan kerja agar jaringannya tetap stabil;
  • Ganti router dengan router lain yang masih bisa bekerja dengan baik. Apabila setelah dilakukan penggantian dan internet tidak bermasalah, itu artinya router sebelumnya sudah rusak;
  • Upgrade bandwidth dan gunakan yang lebih besar karena semakin besar bandwidth maka jaringan internetnya akan semakin kencang.

Itulah dia beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan lambatnya jaringan internet di kantor Anda.

Apakah Anda kekurangan sumber daya untuk mengurus semua masalah IT di atas?

Kalau Ya, solusi managed service dari Hypernet bsia menjadi jawabannya.

Hypernet menyediakan layanan Wifi As a Service dengan layanannya wifi managed service, One stop solution untuk berbagai masalah mulai dari 1 biaya, pengaturan, pemeliharaan, pemecahan masalah, keamanan, hingga layanan dukungan teknis yang dapat disesuaikan sepenuhnya dengan kondisi serta kebutuhan Anda.

Solusi Wifi managed service ini juga didukung dengan internet dedicated 1:1 sehingga Anda tidak perlu memusingkan masalah bandwidth. Berapapun user yang ada, kecepatan koneksi akan terjamin sama cepatnya.

Siap #TerimaBeres dengan Layanan Layanan Wifi dari Hypernet?

Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian