Hypernet, Pilihan Penyedia Cybersecurity Terpercaya dan Terjamin
Article

Hypernet, Pilihan Penyedia Cybersecurity Terpercaya dan Terjamin

Dunia siber memang memberikan beragam keuntungan terutama untuk bisnis. Berbekal internet, pemasaran bisnis bisa dilakukan dengan jangkauan yang jauh atau pengurusan perusahaan bisa dilakukan secara online. Hanya saja, perlu diketahui, di era serba digital ini, menggunakan layanan penyedia cybersecurity bisa dikatakan suatu keharusan.

Kenapa demikian?

Perlu diketahui bahwa setiap yang terhubung dengan internet memiliki potensi untuk menjadi target dari serangan siber. Oleh karenanya, perusahaan wajib memiliki tim IT security yang bertugas mengelola sistem keamanan. Atau, perusahaan juga bisa menggunakan jasa layanan cybersecurity yang bisa diandalkan.

Sekilas Tentang Cybersecurity 

Dilansir dari CISCO, apa yang dimaksud dengan cybersecurity adalah sebuah proses perlindungan data, sistem, jaringan dan program agar bebas dari ancaman cyberattack atau serangan siber. Biasanya, serangan ini dilakukan oleh beberapa pihak yang ingin mendapatkan keuntungan mulai dari pencurian data hingga pemerasan. 

Beberapa kalangan menganggap bahwa cybersecurity sama dengan information security. Padahal, keduanya merupakan dua hal yang berbeda.

Information security merupakan sebuah elemen penting dari cybersecurity yang memiliki fungsi khusus menangani keamanan data. Di sisi lain cybersecurity adalah payung besar dari information security dan beberapa elemen lainnya. 

Jenis Ancaman Cybersecurity yang Perlu Diwaspadai 

Ada beberapa ancaman cybersecurity yang perlu diwaspadai demi keamanan data dan sistem perusahaan. Beberapa ancaman tersebut adalah:

  1. Malware
    Malware menjadi ancaman cybersecurity yang pertama dan perlu diwaspadai secara khusus. Biasanya, ancaman ini muncul berbentuk software berbahaya yang bisa menyebabkan permasalahan serius.
    Dalam banyak kasus, malware akan menginfeksi komputer dengan beberapa jenis virus, spyware, worms dan lainnya. Komputer dan sistem yang terkena serangan malware nantinya bisa down dan bahkan tidak bisa berfungsi dengan baik.

  2. Ransomware
    Ransomware juga menjadi ancaman yang nyata bagi cybersecurity. Perlu diketahui, ransomware merupakan software berbahaya dengan tingkat bahaya yang lebih ekstrem daripada hanya menyebarkan virus semata.
    Pasalnya, dalam kasus infeksi ransomware, terdapat hacker yang akan memblokir akses untuk membuka komputer atau dokumen penting yang Anda ketahui. Selain itu, hacker tersebut biasanya akan meminta tebusan berupa sejumlah uang untuk mendapatkan akses kembali.
    Meskipun demikian, setelah Anda, misalnya, membayar sejumlah uang sebagai tebusan, tidak ada jaminan bahwa file atau sistem komputer yang bisa kembali diakses tersebut akan berjalan dengan normal.

  3. Social engineering
    Social engineering adalah istilah yang digunakan dalam penggambaran serangan yang didasarkan pada interaksi manusia. Secara singkat, social engineering akan memanipulasi pengguna untuk memberikan sejumlah informasi sensitif, seperti password, jawaban untuk pertanyaan keamanan dan lainnya.
    Jenis ancaman cybersecurity ini biasanya ingin memanfaatkan rasa ingin tahu seseorang. Kemudian, mereka akan memancingnya untuk melakukan suatu hal yang terlihat biasa saja namun sebenarnya membahayakan sistem jaringan yang dimiliki.

  4. Phishing
    Satu lagi ancaman cybersecurity yang perlu diwaspadai adalah phishing. Jenis ancaman ini merupakan sebuah penipuan yang biasanya hadir melalui media sosial, seperti email, WhatsApp atau lainnya.
    Dalam melancarkan aksinya, penipu akan mengirimkan sebuah pesan dengan menggunakan detail pengirim yang mirip dengan sumber terpercaya. Meskipun, sebenarnya ada perbedaan sekilas yang tak kasat mata.

Umumnya, dari pesan tersebut ada perintah mengisi data tertentu ataupun mengklik suatu link. Jika dilakukan, maka penipu akan mengambil alih akses jaringan yang Anda gunakan.

Menggunakan Layanan Cybersecurity Hypernet

Bisa dikatakan bahwa cybersecurity adalah opsi yang tepat untuk digunakan guna memberikan perlindungan, terutama pada sistem jaringan perusahaan. Terlebih, serangan siber saat ini terus berkembang dan semakin hebat.

Untuk Anda yang ingin menggunakan program cybersecurity sebagai perlindungan sistem jaringan, Anda bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Hypernet. Hubungi CS yang tersedia untuk mendapatkan tawaran yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish