Memahami Sandboxing sebagai Salah Satu Sistem Keamanan Jaringan
Article

Apakah Sistem Keamanan Jaringan Anda sudah Akurat?

Sama seperti kejahatan di dunia nyata, kejahatan di dunia maya juga dapat terjadi bila ada kesempatan. Inilah alasan utama di balik pengembangan juga penciptaan sistem keamanan jaringan baru oleh para ahli teknologi informasi. Di luar itu, Anda selaku pengguna juga harus tahu apakah sistem keamanan jaringan pada perangkat Anda sudah akurat atau belum.

Langkah-Langkah Memastikan Keakuratan Sistem Keamanan Jaringan

Untuk mengetahui bagaimana cara memastikan sistem keamanan jaringan secara mandiri, simak langkah-langkahnya dalam kelanjutan artikel ini.

Periksa fungsi firewall

Firewall adalah sebuah perangkat keamanan jaringan yang berada di antara jaringan internal dan jaringan publik. Mengutip Check Point, fungsi utama perangkat keamanan ini adalah memantau dan memfilter lalu lintas jaringan masuk dan keluar sesuai dengan kebijakan keamanan jaringan yang sudah ditetapkan. Atas dasar ini, memeriksakan fungsi firewall menjadi langkah pertama untuk memastikan keakuratan sistem keamanan jaringan pada perangkat Anda.

Cara terbaik untuk memeriksakan fungsi firewall, menurut Lifewire, ialah menggunakan perangkat gratis dari luar jaringan internal melalui sambungan internet. Untuk itu, carilah perangkat (tools) tersebut di internet kemudian pilihlah perangkat yang dapat memindai beberapa port (termasuk port berbagi file maupun port umum) juga alamat IP jaringan Anda.

Amankan router

Jika rumah atau kantor Anda memiliki koneksi internet pribadi, tentu Anda tidak akan lagi asing dengan benda satu ini. Pasalnya, router merupakan bagian dari perangkat keras jaringan yang menjadi penghubung komunikasi antara jaringan lokal Anda—yang terhubung ke komputer, laptop, atau ponsel—dengan internet. Perangkat ini, sayangnya, sering menjadi target utama peretas yang ingin masuk dan merusak jaringan Anda.

Untuk mengamankan router, laman Makeusof.com merekomendasikan Anda untuk mengecek kata sandi yang digunakan ketika Anda akan mengakses jaringan, juga kata sandi yang memberi Anda kuasa admin atas router itu sendiri secara berkala. Idealnya, kata sandi untuk mengakses jaringan wajib diperbarui dengan rutin, sementara kata sandi untuk kontrol router menggunakan kata sandi yang diacak (generated).

Cek protocol saat berselancar di internet

Protocol (atau network protocol) adalah seperangkat aturan tetap yang menentukan cara memformat, mengirim, dan menerima data agar semua perangkat jaringan komputer dapat berkomunikasi (Techtarget.com). Saat berselancar di internet, standar protocol yang digunakan adalah Hypertext Transfer Protocol atau HTTP.

Akan tetapi, protocol tersebut tidak dapat mengenkripsi (mengunci) data pribadi Anda saat Anda mengaksesnya dan malah membuka celah untuk peretas. Sebaliknya, HTTPS adalah protocol di internet yang dapat mengenkripsi data pribadi Anda ketika Anda berselancar di internet. Jika Anda menggunakan Chrome, cara mudah mengecek protocol saat browsing adalah mencari simbol gembok tepat di sisi kiri kolom URL. Bila ada, maka situs tersebut aman untuk perangkat Anda.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengecek keakuratan sistem keamanan jaringan di perangkat Anda. Di luar 3 langkah di atas, Anda juga dapat mengetes performa antivirus, menguji keamanan jaringan nirkabel, menjalankan browser disclosure test, serta menggunakan perlindungan malware aktif.

Bila Anda merasa tahapan di atas cukup sulit Anda lakukan sendiri, Anda dapat memanfaatkan layanan konsultasi IT terbaik dari Hypernet. Dengan tenaga ahli IT yang berpengalaman, pengecekan akurasi sistem keamanan jaringan perusahaan Anda dapat terselesaikan dengan mudah.

 

 

Photo source

en_USEnglish