Perbedaan NGFW Dengan Firewall Tradisional
Article

Perbedaan NGFW Dengan Firewall Tradisional

Keamanan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Tidak hanya keamanan dalam bentuk fisik saja, tetapi juga yang berkaitan dengan jaringan. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, perusahaan akan menggunakan berbagai teknologi keamanan salah satunya yaitu firewall..

Mengenal Teknologi Keamanan Firewall

Firewall merupakan sistem khusus yang bertugas untuk mengawasi dan mengamankan jaringan. Beberapa hal yang dilakukan oleh sistem keamanan ini yaitu:

  • Mengawasi traffic masuk dan keluar
  • Mengawasi pengiriman data
  • Melakukan block atas pengiriman data (jika mencurigakan)

Selain itu, tidak ada salahnya jika perusahaan mengingatkan peserta untuk merekam aktivitas training. Tujuannya adalah agar peserta dapat mengulang kembali materi tersebut ketika dibutuhkan.

Perbedaan Traditional Firewall dan NGFW (Next Generation Firewall)

Sejak mulai diperkenalkannya firewall, sistem ini telah mengalami berbagai perkembangan. Firewall terdahulu disebut dengan traditional firewall dan jenis firewall yang saat ini cukup banyak digunakan adalah NGFW atau Next Generation Firewall.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari keduanya:

  • Traditional Firewall

Seperti fungsi firewall, traditional firewall bermanfaat untuk mengawasi traffic masuk dan keluar dalam jaringan berdasarkan port, protokol, serta alamat sumber dan tujuan. Pemblokiran traffic yang dilakukan pada firewall ini berdasarkan pada pengaturan yang telah ditetapkan oleh administrator sebelumnya.

Beberapa jenis traditional firewall sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti:

    1. Penyaringan paket atau data yang masuk untuk memastikan bahwa semua data yang beredar adalah aman.
    2. Inspeksi stateless atau inspeksi stateful yaitu pemeriksaan paket atau data satu per satu untuk mendeteksi adanya data yang berbahaya
    3. Dukungan VPN atau virtual private network untuk mengamankan jaringan saat user menggunakan koneksi internet
  • NGFW

Pada dasarnya, NGFW merupakan penyempurnaan dari traditional firewall. Itulah mengapa beberapa fitur yang telah ada pada traditional firewall juga dimiliki oleh NGFW dalam bentuk yang lebih sempurna dalam mengamankan jaringan.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh NGFW adalah:

    1. Semua fitur yang telah ada pada traditional firewall dalam bentuk penyempurnaan.
    2. Breach prevention yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya pelanggaran atau penyerangan sebelum benar-benar memasuki jaringan.
    3. Peningkatan waktu deteksi dalam hitungan detik dan aksi untuk melakukan eliminasi atas serangan.
    4. Mendeteksi dan menganalisa asal serangan dan sejauh mana serangan terjadi.

Baik traditional firewall maupun NGFW memiliki fungsi yang sama. Namun, dengan semakin tingginya angka cyber crime dan kemampuan para hacker untuk melakukan serangan, traditional firewall dianggap kurang mampu memberikan pengamanan maksimal. Berbeda dengan NGFW yang telah mengalami penyempurnaan fitur pendahulunya serta dilengkapi fitur-fitur baru untuk semakin meningkatkan keamanan jaringan. Inilah alasannya banyak perusahaan yang beralih menggunakan NGFW dibandingkan dengan traditional firewall.

Maksimalkan Perlindungan Jaringan Bersama Hypernet

Hypernet merupakan salah satu managed service provider Indonesia yang siap untuk membantu Anda mengamankan jaringan perusahaan. Melalui firewall managed services Anda tidak perlu khawatir adanya serangan pada jaringan perusahaan yang akan menimbulkan kerugian di masa depan. Jika Anda tertarik, segera hubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut.

en_USEnglish