Memanfaatkan Video Conference Untuk Training Karyawan
Article

Memanfaatkan Video Conference Untuk Training Karyawan

Banyak perubahan yang terjadi semasa pandemi. Hal yang paling terlihat adalah meningkatnya pemanfaatan teknologi internet untuk mendukung berbagai aktivitas, baik sekolah maupun dunia kerja. Salah satunya yaitu aktivitas training karyawan yang biasanya dilakukan secara offline atau tatap muka langsung, saat ini mulai beralih menggunakan video conference.

Bahkan, beberapa perusahaan tetap memberlakukan sistem training online meskipun sudah bisa mengadakan secara tatap muka dengan protokol kesehatan ketat. Perubahan tersebut dilakukan atas berbagai pertimbangan, di antaranya:

  • Keamanan dan kenyamanan

“Kesehatan adalah yang utama”. Melalui video conference, semua peserta training tidak perlu khawatir dengan risiko penularan COVID-19 dari peserta lainnya. Bahkan, peserta yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19 juga tetap bisa mengikuti sesi training

  • Efisiensi Biaya

Perusahaan dapat memangkas biaya pengadaan tempat, peralatan pendukung, hingga konsumsi jika mengadakan training secara online. Sementara peserta, dapat menghemat biaya transportasi untuk menuju lokasi training.

  • Efektivitas penyerapan materi

Melansir situs panopto.com, rata-rata 65% peserta akan melupakan materi training setelah 7 hari. Namun, dengan presentasi menggunakan video dan dikombinasikan menggunakan audio dan slide maka efektivitasnya meningkat sebanyak 9%.

  • Memudahkan pengaturan waktu

Training menggunakan video conference memungkinkan semua peserta berpartisipasi di tengah kesibukannya. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam menentukan waktu tepat untuk kegiatan training.

  • Memperluas area peserta

Perusahaan bisa melibatkan semua karyawan yang membutuhkan training meskipun berasal dari cabang yang jauh sekali pun.

Meningkatkan Efektivitas Training Via Video Conference

Namun, agar proses training menggunakan video conference ini dapat berjalan secara efektif, tentunya ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Berikut ini di antaranya:

  • Koneksi internet

Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan training wajib memiliki koneksi internet yang stabil. Terutama untuk pihak yang mengadakan karena koneksi internet yang sering putus dapat menyebabkan gangguan saat penyampaian materi.

  • Camera On

Sangat disarankan untuk meminta peserta menyalakan kamera selama proses training. Hal ini akan membantu perusahaan menganalisa antusias peserta terhadap training yang diikuti.

  • Penyampaian materi

Pastikan materi disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti. Lengkapi materi dengan video atau gambar menarik agar materi semakin menarik untuk dipelajari.

Selain itu, tidak ada salahnya jika perusahaan mengingatkan peserta untuk merekam aktivitas training. Tujuannya adalah agar peserta dapat mengulang kembali materi tersebut ketika dibutuhkan.

Tingkatkan Efektifitas Training Online Bersama Hypernet

Sebagai managed service provider berpengalaman di Indonesia, Hypernet siap membantu Anda menyediakan kebutuhan untuk aktivitas training online perusahaan Anda. Melalui layanan komunikasi digital yang kami miliki, Hypernet akan memberikan kelancaran serta keamanan video conference selama proses training berlangsung. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

 

en_USEnglish