Hybrid Cloud: Pengertian & Keunggulannya
Article

Hybrid Cloud: Pengertian & Keunggulannya

Selain dapat membantu operasional bisnis berjalan efisien, pemanfaatan cloud computing menghasilkan beragam inovasi baru bagi sebuah perusahaan. Diprediksi, 75% perusahaan besar dan menengah akan mengadopsi strategi cloud computing di perusahaanya, tidak terkecuali hybrid cloud.

Seperti diketahui, saat ini, banyak perusahaan, baik besar maupun menengah, mulai tertarik menggunakan hybrid cloud sebagai solusi untuk perkembangan IT bisnisnya. Lantas, apa yang dimaksud dengan hybrid cloud?

Pengertian Hybrid Cloud?

Hybrid cloud merupakan gabungan antara public cloud dan private cloud. Mengutip qwords, dari segi teori, kedua layanan ini sebenarnya memiliki beberapa tipe kombinasi. Namun, dalam praktiknya, public cloud lebih sering dimanfaatkan sebagai infrastruktur cadangan dan hanya digunakan ketika dibutuhkan saja.

Sementara, private cloud menjadi infrastruktur utama yang digunakan untuk menunjang kebutuhan bisnis dalam perusahaan yang sifatnya rahasia. Biasanya, layanan hybrid cloud ini hanya bisa digunakan oleh institusi tertentu yang memiliki interaksi B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Customer).

Keunggulan Hybrid Cloud

Terdapat beberapa keunggulan yang ditawarkan hybrid cloud, di antaranya:

  • Fleksibilitas

Salah satu keunggulannya yaitu fleksibilitas. Di mana, perusahaan bisa leluasa memilih penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data perusahaannya, entah itu private cloud maupun public cloud.

  • Aman

Didukung dengan keamanan yang mumpuni sehingga perusahaan tidak perlu lagi khawatir jika ada ancaman kegagalan sistem karena data yang sifatnya sensitif tetap berada di dalam private cloud.

  • Murah

Hybrid cloud menawarkan harga yang relatif murah sekalipun layanan ini menggabungkan public cloud serta private cloud. Nantinya, data yang sensitif bisa disimpan di dalam private cloud, sementara data yang tidak sensitif bisa disimpan di public cloud.

  • Kontrol

Perusahaan dapat mengontrol infrastruktur dengan mudah untuk aset yang critical dan sensitive serta latency-nya rendah. Dengan demikian, akan sangat membantu sekali dalam pengelolaan infrastruktur di dalam perusahaan.

  • Skalabilitas

Hybrid cloud menawarkan skalabilitas, di mana dapat membagi beban antara public cloud dan private cloud. Jika nantinya kebutuhan resource meningkat, maka hybrid cloud bisa meningkatkan kapasitas dengan mudah.

Demikian ulasan mengenai hybrid cloud dan keunggulan yang ditawarkannya. Yuk, gunakan di perusahaan Anda!

Hypernet sebagai salah satu Cloud Provider Indonesia juga menyediakan layanan konsultasi gratis untuk layanan Cloud Managed Service yang tentunya sesuai untuk keperluan bisnis Anda. Hubungi kami untuk berbicara dengan tim konsultan IT kami.

 

en_USEnglish