Bandwidth Types
Article

Mengenal Perbedaan Symmetrical dan Asymmetrical Bandwidth

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat memilih internet service provider, baik untuk kebutuhan di rumah maupun di kantor, dan salah satu yang paling penting adalah bandwidth. Sebab bandwidth akan sangat memengaruhi kinerja koneksi internet yang digunakan.

Mengenal Apa Itu Bandwidth?

Banyak orang yang menganggap bahwa bandwidth sama dengan speed atau kecepatan. Padahal kenyataannya tidak seperti itu meskipun bandwidth memang memengaruhi kecepatan. Bandwidth adalah ukuran seberapa banyak informasi yang bisa Anda dapatkan atau kapasitas jumlah data yang dapat dikirim setiap detiknya. Sementara kecepatan adalah hitungan waktu dalam pengiriman sebuah data atau informasi.

Jika diibaratkan dalam bentuk sebuah pipa yang mengalirkan air, maka bandwidth adalah volume air maksimal yang dapat mengalir setiap detik. Sementara kecepatan adalah laju aliran air dalam pipa tersebut. Tentunya, semakin tinggi bandwidth maka kecepatan juga akan semakin meningkat. Namun, walaupun bandwidth yang digunakan besar, kecepatan tetap bisa menurun ketika ada banyak user yang mengakses informasi dalam waktu bersamaan.

Symmetrical VS Asymmetrical Bandwidth

Pada saat berbicara mengenai bandwidth, Anda akan memiliki dua pilihan, yaitu symmetrical dan asymmetrical bandwidth. Dulu banyak provider internet yang menerapkan asymmetrical bandwidth. Namun saat ini, karena faktor kebutuhan konsumen maka semakin banyak yang menerapkan symmetrical bandwidth. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan keduanya:

  • Asymmetrical Bandwidth

Asymmetrical atau tidak simetris artinya bandwidth yang ditawarkan memiliki perbedaan antara untuk proses unggah atau upload dengan proses unduh atau download. Sistem asymmetrical bandwidth diterapkan karena semua hal yang berlangsung dalam internet akan membutuhkan proses download. Seperti browsing, membuka sosial media,  streaming, dan sebagainya.

  • Symmetrical Bandwidth

Symmetrical bandwidth atau simetris artinya provider internet menawarkan paket internet dengan bandwidth yang sama baik untuk proses upload maupun download. Seperti yang disebutkan, adanya symmetrical bandwidth ini mengikuti kebutuhan konsumen di mana semakin banyak pengguna internet yang melakukan aktivitas upload. Misalnya saja seperti attachment email, backup data pada cloud, posting sosial media, dan sebagainya.

Lalu manakah yang harus dipilih antara keduanya?

Jika hanya melihat kelebihannya, symmetrical bandwidth memang memiliki keunggulan lebih dibanding asymmetrical bandwidth. Namun, harga yang ditawarkan terkadang lebih tinggi sehingga untuk beberapa kondisi mungkin akan terasa lebih berat. Selain itu, kecepatan download yang ditawarkan oleh internet dengan sistem asymmetrical bandwidth biasanya lebih tinggi.

Meskipun begitu, ada beberapa perusahaan yang disarankan untuk menggunakan internet dengan sistem symmetrical bandwidth, yaitu:

  1. Perusahaan yang bergerak di bidang digital
  2. Perusahaan dengan banyak cabang yang sering melakukan pengiriman data via internet
  3. Perusahaan yang bekerja dengan memanfaatkan cloud

Penuhi Kebutuhan Koneksi Internet Bersama Hypernet

Memang, koneksi internet saat ini menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah perusahaan. Tidak jarang perusahaan mengalami kerugian besar akibat koneksi internet yang bermasalah sehingga perusahaan mengalami downtime. Atau, kinerja perusahaan terganggu saat koneksi internet lambat akibat bandwidth yang penuh.

Untuk mencegah hal tersebut, Hypernet siap membantu Anda menyediakan koneksi internet yang stabil dengan bandwidth tinggi dan dapat disesuaikan kebutuhan perusahaan Anda. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut.

en_USEnglish