Langkah-Langkah untuk Meningkatkan Keamanan SD-WAN
Article

Langkah-Langkah untuk Meningkatkan Keamanan SD-WAN

Software-defined Wide Area Network, atau juga dikenal dengan istilah modern WAN, adalah jaringan telekomunikasi mutakhir yang mengandalkan bantuan perangkat lunak (software) untuk menghubungkan semua perangkat komputer dalam satu infrastruktur yang sama.

Teknologi baru ini diklaim dapat menggantikan kedudukan jaringan-jaringan lama, seperti MPLS, karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Kendati begitu, tingkat keamanan modern WAN disebut-sebut masih sedikit kalah dibanding MPLS. Apakah penyebab utama di balik isu ini? Simak ulasan lengkapnya serta langkah-langkah yang dapat perusahaan lakukan untuk meningkatkan keamanannya di bawah ini.

Apa yang membuat keamanan SD-WAN sedikit lebih lemah?

Teknologi modern WAN, seperti dikutip dari laman TechTarget, beroperasi dengan cara mengabstraksi dan mengotomatisasi tugas-tugas yang diprogram secara manual pada setiap perangkat edge melalui kontrol jaringan terpusat. Artinya, teknisi TI dapat mengonfigurasi, mengelola, memantau, hingga mengamankan sebagian besar aspek WAN dari jarak jauh, termasuk pada perangkat edge dan arus lalu lintas.

Keunggulan di atas dapat terlaksana lantaran modern WAN memanfaatkan tautan publik alih-alih pribadi. Nah, penggunaan tautan publik inilah yang membuat keamanan modern WAN sedikit kalah dibanding MPLS.

Cara meningkatkan keamanan SD-WAN

Kendati begitu, Anda tidak perlu ragu atau menganulir rencana Anda untuk memasang modern WAN. Pasalnya, keamanan modern WAN dapat ditingkatkan menggunakan beberapa tools berikut.

  • Next-Generation Firewall. Melansir situs Network World, sebetulnya mayoritas arsitektur modern WAN sudah dilengkapi dengan firewall Hanya saja, sistem ini sebatas menghalangi akses tidak terdaftar berdasarkan alamat IP dan port, tanpa mencakup perlindungan ujung-ke-ujung yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan banyak kantor cabang. Oleh sebab itu, langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk tingkatkan keamanan modern WAN ialah melengkapinya dengan next-generation firewall (NGFW) yang menawarkan kegunaan lebih canggih, seperti Sistem Deteksi dan Pencegahan Intrusi (IDPS), inspeksi paket dalam (DPI), sandboxing, pencegahan kehilangan data (DLP), dan masih banyak lagi. Sebetulnya,
  • Secure Web Gateway. Gangguan atau serangan dari internet seperti malware, phishing, dan lainnya adalah ancaman nyata untuk perusahaan yang menggunakan modern WAN, simpul CATO. Oleh sebab itu, sistem keamanan modern WAN dapat memanfaatkan secure web gateway (SWG) untuk meningkatkan keamanan jaringan telekomunikasi. Pasalnya, tool ini mengontrol akses web untuk mencegah pengunduhan perangkat lunak yang mencurigakan atau berbahaya bagi keamanan data dalam modern WAN.
  • Pembaruan Sistem dan Tambalan secara Rutin. System updates and patches, atau pembaruan sistem dan tambalan, adalah langkah lain yang dapat Anda tempuh untuk meningkatkan keamanan modern WAN. Sebab, pembaruan dan tambalan pada perangkat lunak juga firmware yang Anda gunakan dapat menggagalkan upaya peretas untuk menyerang maupun mencuri data dalam jaringan Anda. Nyalakan saja fitur pembaruan sistem dan tambalan otomatis agar perangkat Anda tidak tertinggal dari updates dan patches

Demikianlah ulasan seputar langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk meningkatkan keamanan modern WAN. Selain ketiga cara di atas, Anda boleh juga mencari layanan modern WAN yang sudah dilengkapi dengan perangkat keamanan bawaan, seperti traffic encryption and VPNs, microsegmentation, dan threat intelligence.

Apabila Anda tertarik untuk segera memakai jaringan ini, Hypernet menyediakan layanan SD-WAN untuk cakupan perusahaan skala apa pun. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

en_USEnglish