Cyber Security
Article

Beragam Kejahatan Siber dan Cara Mencegahnya

Kejahatan siber atau cyber crime merupakan tindakan ilegal yang dilakukan oleh pelaku kejahatan menggunakan komputer dan jaringan internet untuk menyerang sistem informasi di dalam perusahaan.  

Grant Thornton dalam laporannya “Cyber Security: The Board Report 2019” merangkum beberapa kejahatan siber yang seringkali menyerang perusahaan dan mendatangkan risiko kerugian bagi operasional bisnis perusahaan.

Deretan Kejahatan Siber

1. Pencurian Data

Pelaku mencuri semua data di perusahaan, entah itu data konsumen maupun data internal perusahaan. Dari ribuan data yang dicuri tersebut, pelaku memanfaatkannya untuk mencari keuntungan.

Di mana, pelaku akan menjual data-data tersebut kepada oknum nakal lainnya. Bahkan, pelaku juga meminta uang tebusan kepada perusahaan agar datanya dikembalikan.

2. Ransomware

Pelaku siber biasanya menyerang perangkat lunak (software) perusahaan yang sudah ter-install. Tujuan pelaku melakukan ini adalah untuk mematikan sistem bisnis di perusahaan dan membuat bisnis menjadi offline.

Setelah software diserang, pelaku akan meminta sejumlah uang sebelum “ransomeware” dihapus. Apabila perusahaan tidak memberi tebusan, maka pelaku siber akan memberi ancaman, data perusahaan tidak akan bisa digunakan lagi.

3. Pencurian Intelectual Property (IP)

Jenis kejahatan siber yang mencuri IP perusahaan ini biasanya terjadi dengan modus spoinase industri. Yang mana, pelaku siber akan melakukan praktik pengintaian atau mematai-matai sebuah perusahaan.

Tujuan pelaku melakukan ini adalah untuk mendapatkan semua informasi dari perusahaan yang akan dicuri IP-nya. Biasanya, perusahaan yang menjadi target adalah perusahaan menengah.

4. Penambangan Bitcoin

Bentuk kejahatan siber satu ini terbilang masih baru tapi cukup sering terjadi. Di mana, pelaku siber akan memasang perangkat lunak pada sistem Teknologi Informasi (TI) di perusahaan dan membajak prosesornya untuk menghasilkan mata uang kripto.

Adanya pembajakan ini membuat bisnis di perusahaan menjadi melambat bahkan sampai terhenti karena itulah sangat penting untuk dijaga keamanannya.

Tips Mencegah Kejahatan Siber

Terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mencegah serangan siber, seperti:

  • Lakukan back-up atau penyalinan data secara rutin;
  • Update sistem di perusahaan secara berkala;
  • Manfaatkan Two Factor Authentication;
  • Gunakan software legal atau resmi;
  • Ubah password dengan mengombinasikan angka, huruf, dan lainnya.

Hypernet untuk Optimalkan Perlindungan Data Perusahaan

Hypernet mengembangkan solusi Security Managed Service yang akan menjawab semua kebutuhan pelanggan terkait keamanan serta infrastruktur IT di perusahaan. Di mana, tersedia layanan keamanan End point dan layanan VPN Perusahaan. 

Hypernet, managed service provider membantu bisnis tetap berkembang tanpa perlu memusingkan keamanan data di perusahaan. Layanan ini terwujud berkat kerjasama dengan principal network security terbaik di dunia sehingga dapat mengamankan data perusahaan dengan baik, khususnya dari serangan siber.

Tertarik menggunakan jasa Hypernet? Segera hubungi kami untuk berkonsultasi lebih lanjut!

en_USEnglish