Wi-Fi as a Service
Article

Tips Mengamankan Webcam Dari Ancaman Hacker

Ketika mendengar istilah “hacker”, Anda mungkin langsung teringat dengan kerusakan sistem pada komputer akibat ulah mereka. Memang, hal tersebut tidak salah karena banyak hacker yang menjadikan sistem operasional komputer sebagai sasarannya, baik untuk pencuriaan data, perusakkan data, atau hanya iseng saja.

Namun, tahukah Anda bahwa perangkat berukuran kecil seperti webcam juga ternyata tidak lepas dari incaran hacker? Peretasan yang dilakukan pada webcam biasanya bertujuan untuk mengamati area yang terekam dalam webcam untuk kemudian dimanfaatkan. Misalnya untuk mempermudah aksi pencurian dengan mengamati sistem keamanan dari hasil rekaman pada webcam.

Cara Mencegah Peretasan Webcam

Untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Software Update

Pastikan software pada perangkat Anda, baik itu laptop maupun PC. Tidak hanya operating system saja yang harus Anda update secara berkala, tetapi juga aplikasi yang digunakan. Memang proses update ini membutuhkan waktu dan tetapi sangat penting untuk dilakukan. Sebab, pada setiap update sering ditambahkan fitur keamanan baru untuk mengatasi masalah cyber crime.

  • Download Aplikasi Resmi

Saat ini tersedia banyak sekali situs yang menyediakan installer untuk beragam aplikasi. Namun, sangat disarankan jika Anda tetap mengunduh file installer dari tempat yang resmi. Sebab, banyak hacker yang memasang spyware pada file installer tidak resmi dan akan otomatis aktif saat Anda melakukan install. Selain itu, penyedia aplikasi atau software development terkadang menyediakan update yang hanya bisa digunakan pada aplikasi resmi saja.

  • Amankan Jaringan

Baik menggunakan jaringan kabel maupun wireless, Anda harus memastikan keamana jaringan berjalan dengan baik. Untuk WiFi Anda bisa memanfaatkan password sehingga menghalangi pihak tidak bertanggungjawab yang memasuki jaringan. Sementara untuk kebutuhan bisnis, Anda bisa memanfaatkan Wi-fi managed service untuk mengelola keseluruhan jaringan WiFi, termasuk keamanannya. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memasang firewall dan memastikannya update untuk memaksimalkan keamanan jaringan.

  • Abaikan Link Mencurigakan

Banyak hacker memancing minat korbannya dengan mengirimkan link yang membuat penasaran. Seperti berhasil memenangkan hadiah atau sebagainya. Jika Anda menerima link apapun dari orang tidak dikenal, segera hapus dan jangan pernah mencoba untuk membukanya. Bahkan meskipun alasan Anda hanya penasaran. Sekali Anda membukanya, maka perangkat yang Anda gunakan akan langsung disusupi dan hacker bisa dengan mudah mengambil alih kontrol perangkat tersebut, termasuk webcam yang ada.

  • Matikan Webcam

Untuk Anda yang menggunakan webcam eksternal maka ada baiknya segera matikan setelah penggunaan. Sementara itu, jika Anda menggunakan webcam yang menempel seperti pada laptop, maka tutupi kamera saat tidak digunakan. Anda bisa menggunakan webcam cover atau tutupi saja dengan kertas.

Mengenali Tanda Peretasan Webcam

Salah satu cara paling tepat untuk mengetahui apakah webcam Anda diretas atau tidak adalah dengan memerhatikan lampu kecil yang ada di dekat kamera. Lampu ini akan menyala ketika kamera Anda bekerja. Jika tiba-tiba lampu ini menyala sementara Anda tidak sedang mengaktifkan kamera, itu artinya ada pihak lain yang mengontrol webcam Anda.

Cegah Webcam Hacking Bersama Hypernet

Jika webcam hacking menyerang personal saja sudah berbahaya, bisa dibayangkan bagaimana jika hal ini menyerang sebuah perusahaan. Tidak hanya bisa mengawasi aktivitas keseharian karyawan yang bekerja saja, tetapi berbagai data rahasia yang sedang dipresentasikan dalam pertemuan serta berbagai hal confidential lainnya juga bisa dicuri.

Untuk mengamankannya, menggunakan jasa pengelolaan IT profesional sangatlah penting, khususnya jika perusahaan Anda tidak memiliki tim IT sendiri yang mengurusi masalah keamanan jaringan. Tidak perlu bingung mencari perusahaan jasa untuk membantu Anda mengelola IT perusahaan, karena Hypernet bisa membantu Anda. Segera hubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya!

en_USEnglish