MSP, Managed Service Provider
Article

Bagaimana MSP Dapat Meminimalkan Downtime Perusahaan

Downtime adalah periode di mana sebuah sistem tidak bekerja secara baik. Dalam dunia IT, downtime merupakan hal yang umum dan pasti akan terjadi. Misalnya akibat dari adanya maintenance rutin yang telah terjadwal. Namun terkadang, downtime juga bisa terjadi akibat hal yang tidak terencana. Ketika hal ini sering terjadi tentunya akan mengganggu produktivitas perusahaan Anda.

Sebagai salah satu langkah mencegah tingginya downtime, banyak perusahaan yang kemudian menyerahkan urusan IT infrastrukturnya pada MSP untuk dikelola secara profesional. MSP (Managed Service Provider) adalah perusahaan yang menyediakan layanan pengelolaan IT secara lengkap dan profesional dengan sistem berlangganan selama satu tahun. Tentunya, periode berlangganan ini dapat diperpanjang sesuai kebutuhan konsumen.

MSP Untuk Mengurangi Downtime

Dalam tujuannya untuk mengurangi terjadinya downtime pada perusahaan, MSP memiliki beragam layanan, di antaranya:

  • Backup Data Secara Konsisten

Data merupakan bagian penting perusahaan. Ketika terjadi kehilangan data pada perusahaan Anda akibat hal apapun, seperti human error atau masalah sistem, maka dampaknya akan sangat luas. Terlebih ketika data tersebut terkoneksi dengan data lainnya sehingga mengacaukan keseluruhan data dalam sistem Anda.

Layanan backup data yang dilakukan MSP secara berkala dan konsisten akan mencegah terjadinya masalah kehilangan data pada perusahaan. Sebab, seluruh data akan ter-backup ke dalam data base yang telah ditentukan dan ketika terjadi masalah, Anda hanya perlu menarik data tersebut kembali.

  • Software Selalu Terupdate

Setiap kali terdapat update software, maka pasti akan ada penambahan atau perbaikan fitur, termasuk pada keamanan serta kinerjanya. Itulah sebabnya, sangat disarankan agar software segera di-update setiap kali sudah ada peringatan.

Jika hal ini dilakukan secara personal, maka seringkali peringatan update ini diabaikan karena beragam alasan. Namun dengan menggunakan MSP, proses update ini akan dikelola langsung oleh provider. Pada umumnya, waktu melakukan update akan dipilih pada saat sistem sedang tidak digunakan atau sedikit penggunaan. Sebab selama proses update maka sistem tidak dapat digunakan atau mengalami downtime. Namun, waktu downtime saat update lebih singkat dibandingkan kerusakan sistem akibat mengabaikan update.

  • Menjaga Keamanan Jaringan

Jaringan yang mampu terkoneksi secara cepat dan lancar memang penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Namun, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah keamanannya. Sebab, dalam sebuah jaringan ada banyak sekali proses transfer data dan tanpa adanya pengelolaan jaringan yang baik, risiko pencurian data dapat terjadi.

MSP akan memastikan bahwa semua data yang dikirim dalam jaringan akan sampai pada user yang tepat tanpa gangguan.Dengan beragam fitur pengaman jaringan, salah satunya adalah dengan menggunakan firewall yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  • Manajemen Risiko

Ada sangat banyak sekali risiko yang mungkin terjadi dalam sebuah IT Infrastruktur. Seperti kegagalan sistem akibat human error, pencurian data akibat cyber attack maupun pencurian fisik, kerusakan jaringan, dan sebagainya.

MSP akan melakukan analisa beragam risiko yang mungkin akan terjadi pada sistem perusahaan Anda sehingga bisa membuat perencanaan yang tepat. Selain itu, terdapat juga support 24/7 yang tersedia untuk membantu perusahaan Anda ketika terjadi masalah tidak terduga sehingga dapat segera teratasi.

Atasi Downtime Perusahaan Bersama Hypernet

Hypernet menyediakan beragam layanan MSP yang akan dikelola secara profesional untuk mengurangi downtime perusahaan Anda. Bersama Hypernet, Anda bisa #TerimaBeres dan fokus dalam menjalankan planning bisnis Anda tanpa khawatir pada masalah IT Infrastruktur perusahaan Anda. Jika Anda tertarik, segera hubungi kami untuk menentukan layanan yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

en_USEnglish