Cloud PBX
Article

Memahami Cloud PBX serta Keunggulannya

PBX atau Private Branch Exchange adalah sistem telepon pribadi yang digunakan organisasi dalam sebuah gedung atau percabangan perusahaan di beberapa lokasi untuk berkomunikasi dalam jalur internal maupun eksternal. Sedangkan Cloud PBX adalah layanan serupa yang memanfaatkan jaringan internet provider (IP) dan sistem penyimpanan cloud.

Cara Kerja Cloud PBX

Penggunaan sistem penyimpanan cloud untuk layanan Cloud PBX membuatnya tidak lagi membutuhkan perangkat fisik konvensional di lokasi pengguna. Sehingga, perangkat telepon di meja atau ruangan pengguna Cloud PBX hanya akan disambungkan ke router untuk menerima atau mengirim panggilan dari dan/atau ke perangkat telepon lain dalam satu jaringan internet provider PBX.

Urusan persinyalan dan perpindahan data seperti perutean panggilan masuk, pemindahan panggilan dari satu ekstensi ke ekstensi lain, panggilan tunggu, sampai pesan suara akan dikelola melalui perangkat lunak yang sudah terpasang dalam sistem penyimpanan cloud. Perusahaan internet service provider yang menawarkan layanan ini bertugas untuk mengawasi transit dan transfer data dalam cloud dari luar lokasi gedung pengguna Cloud PBX.

Keuntungan Layanan Cloud PBX

  • Efisiensi biaya. Seperti yang telah disinggung di atas, Cloud PBX cukup membutuhkan perangkat telepon berkemampuan VoIP (Voice over Internet Protocol) dan sebuah router di lokasi penggunaan. Artinya, pengguna tidak perlu membeli peralatan fisik pendukung lain (seperti server) di lokasi serta menyiapkan tenaga ahli untuk mengontrol dan merawat perangkat tersebut. Sehingga, penghematan besar-besaran bisa pengguna Cloud PBX dapatkan.
  • Ketiadaan perangkat fisik tradisional dapat mengurangi ongkos pembelian dan perawatan PBX. Kendati demikian, layanan ini juga masih dapat memangkas biaya pengeluaran bulanan pengguna. Sebab, Cloud PBX menggunakan prinsip “bayar sesuai yang digunakan”. Sebagian besar layanan ini, bahkan, menawarkan panggilan domestik (internal) tanpa batas.
  • Kehebatan lain dari Cloud PBX adalah kemampuannya untuk mengoneksikan panggilan internal maupun eksternal ke ponsel ataupun laptop tiap-tiap karyawan pengguna layanan ini. Hal ini tentu sangat berguna, mengingat fitur ini akan membuat panggilan telepon bisa menjangkau setiap orang kapan pun dan di mana pun ia berada. Yang terpenting, perangkat telepon genggam atau laptop karyawan tersebut sudah terkoneksi ke jaringan internet.
  • Tak hanya bisa menjangkau perangkat komunikasi selain telepon desktop, layanan Cloud PBX menuju telepon genggam karyawan juga dapat diatur sesuai kebutuhan. Andaikan karyawan sedang tidak dapat menerima panggilan karena suatu hal, ia dapat mengalihkan panggilan tersebut ke telepon desktop atau laptop, maupun sebaliknya.
  • Tersedia add-on. Dalam dunia telekomunikasi, add-on adalah fitur tambahan yang dapat meningkatkan layanan komunikasi. Nah, mayoritas Cloud PBX dari penyedia layanan internet juga menyediakan fitur tambahan atau add-on. Beberapa add-on tersebut dapat berupa SMS, transkripsi pesan suara ke e-mail, perekaman panggilan, panggilan grup, antrean panggilan, penjawab otomatis, panggilan ekstensi, sampai panggilan konferensi.
  • Dapat diandalkan. Komunikasi lewat telepon masih jadi kebutuhan terbesar banyak organisasi atau pelaku bisnis. Untuk itu, layanan telepon seperti PBX yang andal di segala situasi sangat dibutuhkan. Layanan Cloud PBX yang memanfaatkan internet tak rentan terhadap bencana alam, pengrusakan, maupun gangguan (delay). Jadinya, komunikasi inter- dan intraorganisasi dapat senantiasa berjalan lancar.

Demikian ulasan tentang Cloud PBX, cara kerja, serta keuntungannya. Jika perusahaan Anda sedang mencari layanan ini, Hypernet memiliki layanan Cloud PBX yang merupakan Digital Communication Service dari kami. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

en_USEnglish