v-sat, internet v-sat
Article

Mengenal 5 Bagian Internet Satelit V-SAT

Internet satelit V-SAT merupakan jaringan komunikasi yang mengandalkan orbitan satelit di luar Bumi. Layanan ini diperuntukkan bagi konsumen internet di area-area terpencil yang belum begitu terjangkau koneksi internet lainnya.

Lalu, bagaimana cara operasi internet satelit V-SAT?

Internet satelit V-SAT beroperasi melalui gelombang radio. Mula-mula pusat operasi jaringan penyedia layanan ini akan mengirimkan sinyal ke satelitnya yang mengorbit di angkasa. Setelah itu, satelit tersebut mentransfer sinyal internet ke parabola di rumah atau bangunan dekat lokasi pengguna layanan.

Kemudian, sinyal internet tersebut beralih melalui modem atau router yang terhubung ke perangkat elektronik pengguna. Akhirnya, koneksi internet sampai di gawai atau perangkat elektronik pengguna.

Jika dirunut, alur perpindahan data pada layanan ini akan seperti berikut:

Gawai pengguna > modem/router > parabola > satelit > pusat operasi jaringan > satelit > parabola > modem/router > gawai

Seperti yang sudah disinggung di atas, keuntungan utama layanan internet satelit adalah kecocokannya untuk digunakan pada wilayah-wilayah terisolasi. Sebab, layanan ini tidak membutuhkan saluran dan perangkat telepon, kabel-kabel, juga infrastruktur yang tertata seperti jenis layanan internet lainnya.

Sebaliknya, layanan ini cukup membutuhkan modem atau router serta parabola kecil di rumah atau bangunan dekat lokasi pengguna.

Selain itu, layanan internet satelit pun punya koneksi yang lebih cepat dibandingkan dengan layanan dial-up serta dapat menangani penggunaan bandwidth yang tinggi. Menurut riset, kecepatan layanan internet satelit bisa 10 hingga 35 kali lebih cepat daripada layanan dial-up. Bandwidth yang tinggi juga tidak akan mengganggu kecepatan koneksi ketika digunakan oleh banyak pengguna.

Layanan internet satelit dapat digunakan apabila ada 5 bagian atau komponen berikut:

  1. Gawai. Gawai adalah perangkat elektronik milik pengguna yang akan mengakses layanan internet satelit. Bagian atau komponen ini bisa berupa komputer, laptop, ponsel, tablet, televisi pintar atau smart TV, konsol game, serta gadget apa pun yang dapat disambungkan ke internet.
  2. Modem atau router. Modem atau router bertugas untuk menerjemahkan data dari gawai ke parabola dan sebaliknya. Komponen ini umumnya menggunakan kabel ethernet untuk dihubungkan ke gawai. Namun, pengguna pun dapat menambah router atau pemancar sinyal internet secara nirkabel untuk mengubah koneksi internet satu arah (dari modem saja) ke Wi-Fi agar dapat digunakan oleh banyak gawai sekaligus.
  3. Parabola. Parabola bertugas untuk menerima dan memancarkan sinyal dari modem atau router dan gawai pengguna ke satelit yang mengorbit. Komponen ini perlu diposisikan secara tepat di atas rumah atau bangunan pengguna agar perpindahan gelombang radio berjalan lancar. Sehingga, teknisi bersertifikat dari internet service provider atau penyedia jasa layanan internet-lah yang akan menginstalasi perangkat ini.
  4. Satelit. Setiap penyedia layanan internet setidaknya memiliki satu satelit di luar angkasa. Satelit milik penyedia internet satelit pionir mengorbit sekitar 35.000 km di atas permukaan Bumi, dengan keunggulan cakupan area yang luas. Sedangkan satelit untuk layanan internet satelit generasi terbaru melayang sekitar 480 km di atas permukaan Bumi, dengan keunggulan kecepatan yang lebih tinggi.
  5. Pusat Operasi Jaringan (NOC). Network operations center atau pusat jaringan operasi berwujud seperti parabola rumah namun dengan ukuran yang jauh lebih besar. Komponen milik penyedia layanan internet ini bertugas untuk menerima dan mengirimkan permintaan pengguna ke satelit di luar Bumi dan sebaliknya. Pertukaran informasi di NOC terjadi secepat hitungan sepersekian detik saja.

Demikian ulasan tentang layanan internet satelit beserta keunggulan dan komponen-komponen pelengkapnya. Apabila Anda sedang mencari layanan internet untuk area-area terpencil, V-SAT dari Hypernet bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Dengan layanan internet berbasis satelit serta teknisi bersertifikat kami, kebutuhan koneksi internet Anda di wilayah terisolasi akan teratasi. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

en_USEnglish