Article

Mengenal Perbedaan Keamanan Data dan Perlindungan Data

Bagi sebuah perusahaan, data memegang peranan yang sangat penting.

Melansir dari situs workspace.co.uk, berdasarkan data survei yang dilakukan oleh The Diffusion Group pada bisnis skala kecil, 60% perusahaan yang kehilangan datanya ditutup setelah 6 bulan dan 72% perusahaan yang kehilangan datanya besar-besaran menghilang dalam rentang 2 tahun.

Sebesar itulah pengaruh data pada keberlangsungan hidup perusahaan hingga keamanannya harus selalu dijaga.

Bagaimana Cara Perusahaan Melindungi Keamanan Data?

Untuk melindunginya, ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu keamanan data (data security) dan perlindungan data (data protection). Lalu apakah perbedaan antara keamanan data dan perlindungan data? Berikut ini penjelasannya!

  • Keamanan Data

Keamanan data adalah perlindungan untuk data dari kerusakan atau hilang akibat pengaksesan secara paksa oleh orang yang tidak berkepentingan.

Perlindungan yang diberikan bukan hanya dari internal saja tetapi juga eksternal. Sebab, keamanan data harus bisa melindungi data dari ancaman hacker, serangan jaringan, pencurian data, dan juga pencurian fisik.

  • Perlindungan data

Perlindungan data adalah melindungi data dari risiko hilang dan rusak dengan cara melakukan backup data dan recovery.

Perusahaan umumnya memiliki orang yang bertanggung jawab atas perlindungan data yang bertugas untuk menentukan interval waktu titik recovery data (misalnya 5 jam sekali), hingga melakukan recovery sesegera mungkin setelah terjadi masalah pada data. Selain itu juga menentukan user yang bisa mengakses data dan pembatasan pengaksesan data.

Meskipun memiliki sistem kerja yang berbeda, tetapi keamanan data dan perlindungan data saling berkaitan dan mendukung satu sama lain.

Setelah perlindungan data menentukan pembatasan akses user maka keamanan data yang akan memastikan bahwa user tersebut hanya bisa mengakses data yang diizinkan.Perlindungan data juga akan berperan melakukan recovery data ketika terjadi kerusakan atau kehilangan data akibat adanya serangan jaringan.

Namun, meskipun perusahaan memiliki perlindungan data yang bagus dan siap melakukan recovery kapan saja, bukan berarti Anda jadi bisa mengabaikan keamanan data.

Sebab, proses recovery yang dilakukan pasti memakan waktu yang tidak sebentar sehingga mungkin menimbulkan downtime terhadap kinerja kerja.

Selain itu, data yang masuk dalam rentang waktu backup terakhir dengan jadwal backup selanjutnya akan tetap hilang.

Solusi Keamanan Data Terbaik

Untuk memenuhi kebutuhan data security perusahaan, Hypernet mengembangkan solusi yaitu Security Managed Services.

Layanan ini akan memberikan keamanan end point dan juga VPN korporat. Memastikan keamanan data perusahaan dari serangan virus, malware, traffic yang mencurigakan, dan serangan eksternal lainnya.

Siap untuk #TerimaBeres dengan layanan Keamanan Data dari Hypernet?

Segera hubungi kami  untuk berdiskusi dengan tim ahli IT kami terkait solusi keamanan data yang terbaik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish