Article

Mengenal Cloud Computing & Perannya dalam Memajukan Bisnis

Cloud Computing memang sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan dalam menjalankan bisnis mereka. Pasalnya, dengan menggunakan teknologi komputasi awan ini, data perusahaan akan tersimpan dengan aman serta bisa diakses di mana saja dan kapan saja hanya dengan memanfaatkan internet.

Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing atau dikenal dengan sebutan komputasi awan merupakan gabungan antara pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan).

Cloud Computing umumnya menggunakan jaringan internet sebagai pusat server untuk mengelola data pengguna.

Teknologi ini mengizinkan penggunanya menjalankan program tanpa instalasi dan pengguna bisa mengakses data tersebut melalui komputer menggunakan internet.

Tipe-tipe Layanan Cloud Computing

Terdapat beberapa tipe layanan komputasi awan yang umum digunakan, di antaranya adalah:

  • Public Cloud, layanan yang menggunakan model publik sehingga siapa saja bisa mengaksesnya. Contohnya Gmail, Instragram, Youtube, dan lainnya.
  • Private Cloud, layanan yang hanya bisa digunakan oleh satu organisasi atau perusahaan saja secara private. Biasanya, layanan ini dimanfaatkan untuk interaksi bisnis, yang mana sumber daya cloud-nya diatur dan dioperasikan oleh organisasi dan perusahaan yang sama.
  • Community Cloud, layanan yang biasanya digunakan untuk komunitas, organisasi, dan institusi. Layanan ini bisa dikelola oleh internal maupun pihak ketiga untuk keperluan eksternal maupun internal.
  • Hybrid Cloud, layanan yang merupakan gabungan antara public cloud dan private cloud. Layanan ini umumnya hanya bisa dipakai oleh institusi tertentu dan memiliki interaksi B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Customer).

Peran Cloud Computing untuk Bisnis

Cloud Computing memungkinkan Anda sebagai pebisnis untuk menyewa jasa layanan tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk pengelolaan, insfrastruktur, dan lain sebagainya.

Risiko investasi IT juga bisa dialihkan ke penyedia jasa Cloud Computing sehingga Anda nantinya tidak akan merugi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti bencana alam, misalnya.

Tak hanya itu, Cloud Computing juga memiliki peranan lain yang bermanfaat untuk bisnis Anda, seperti:

  • Akses mudah & aman karena bisa diakses di mana saja dan kapan saja asalkan terkoneksi dengan internet.
  • Data tersimpan dengan aman di dalam server yang disediakan oleh layanan Cloud Computing.
  • Penghematan biaya dan pembelian inventaris seperti harddisk, infrastruktur, dan lainnya karena data biasanya disimpan langsung lewat komputasi berbasis cloud.
  • Bisa melakukan dan mengembangkan bisnis tanpa harus mengirimkan hard copy bisnis ke perusahaan lain.
  • Memungkinkan pebisnis untuk menghasilkan model bisnis baru yang lebih inovatif sehingga dapat meningkatkan pendapatan.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali penyedia jasa cloud provider Indonesia yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis. Salah satunya adalah Hypernet dengan layanannya Cloud as a Service.

Teknologi komputasi awan dari Hypernet ini dapat membantu mengembangkan bisnis secara efisien dengan mengurangi biaya melalui penyediaan teknologi yang tepat untuk tiap fase pertumbuhan bisnis.

Bukan cuma itu saja, teknologi ini juga memungkinkan pebisnis untuk berkolaborasi antar karyawan, mendapatkan jaminan keamanan, melakukan efisiensi biaya, meningkatkan fleksibilitas lokasi kerja, dan mendukung pertumbuhan bisnis dengan menghindari investasi IT yang terlalu tinggi.

Layanan Cloud as a Service dari Hypernet

Cloud as a Service dari Hypernet menyediakan beberapa tipe penyimpanan awan, seperti:

  • Microsoft 365

Aplikasi yang terdiri atas email, online office, penyimpanan file, dan konferensi web.

  • Cloud Backup

Dirancang untuk memenuhi kebutuhan departemen IT perusahaan dengan menyediakan cadangan yang andal dengan manajemen dan pemantauan terpusat.

  • Cloud Server

Didukung oleh Microsoft, Amazon, dan Aliba dengan menghadirkan layanan Cloud Computing. Layanan Cloud Server merupakan kumpulan dari layanan cloud termasuk di dalamnya komputasi, penyimpanan data, dan microservices.

Layanan ini bisa digunakan oleh IT Professional dan Developer. Dengan memanfaatkan layanan awan ini pebisnis bisa menikmati “Pay-as-you-grow” dan mengembangkan infrastruktur seiring dengan perkembangan bisnis.

Demikian ulasan singkat mengenai Cloud Computing dan perannya dalam memajukan bisnis. Jika Anda tertarik dengan service ini, Hypernet menyediakan layanan konsultasi gratis untuk Cloud Managed Service yang sesuai dengan bisnis Anda.

Hubungi kami untuk berbicara dengan tim konsultan IT kami dan diskusikan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish