Article

Mengapa Fiber Optics Bisa Jadi Layanan Internet Tercepat?

Layanan internet fiber optics—atau serat kaca—merupakan jaringan telekomunikasi yang memanfaatkan pulsa cahaya inframerah untuk membawa informasi. Jaringan ini tersusun dari dua atau ratusan untai serat kaca yang terisolasi dalam sebuah kabel optik.

Menurut laman WHOI, satu kabel fiber optik berisi dua untai serat kaca mampu mengirimkan sekitar 24.000 panggilan telepon dalam kurun waktu yang sama. Rekor pengiriman data menggunakan kabel serat optik ini sudah bisa mencapai 178 terabit—setara dengan 100 juta layanan video conference (IEEE Spectrum).

Cara Kerja Jaringan Fiber Optics

Informasi digital berupa gambar, audio, maupun tulisan akan diubah menjadi kode-kode untuk ditransmisikan melalui cahaya inframerah. Cahaya ini kemudian merambat melalui serat optik dengan kecepatan cahaya; setara dengan 300.000 km per detik.

Ketika informasi tersebut mencapai tujuan, decoder atau pembaca kode akan mengubah informasi dalam bentuk cahaya inframerah menjadi gambar, audio, maupun tulisan seperti semula.

Jaringan fiber optics tersedia dalam dua opsi kabel; yakni tunggal (single-mode) dan berlipat ganda (multi-mode).

Kabel serat optik tunggal memiliki dua untai serat kaca dengan diameter sekitar 5-10 mikron (sepersejuta meter) dan berkas yang merambat lurus. Sehingga, pengiriman informasi bisa lebih banyak dan lebih jauh jaraknya. Kabel ini umum dipakai untuk sinyal TV kabel, Internet, dan telepon yang dibungkus menjadi satu simpul besar.

Sementara kabel serat optik berlipat ganda terdiri dari ratusan untai serat kaca dengan ukuran 10 kali lebih besar dari kabel serat optik tunggal. Berkas cahaya pada kabel ini merambat melalui berbagai jalur yang berbeda. Sehingga, informasi yang bisa dibawa hanya cukup untuk jarak relatif pendek. Umumnya, kabel ini dipakai untuk menghubungkan jaringan komputer bersama.

Apa yang membuat fiber optics menjadi layanan internet tercepat saat ini?

Setidaknya, ada 4 poin utama yang menunjang klaim tersebut, yaitu:

  1. Bandwidth yang lebih besar. Seperti yang sudah diulas di atas, serat optik memiliki ukuran yang sangat tipis. Jika dibandingkan dengan satu kabel logam berdiameter sama, satu kabel serat optik bisa menghimpun lebih banyak untaian serat kaca. Sehingga, kecepatan transfer data maksimum atau bandwidth yang dimiliki jaringan ini jauh lebih besar.

Sebagai komparasi, bandwidth kabel logam adalah 10 Gbps, sedangkan serat optik mencapai 60 Tbps atau lebih.

  • Pemanfaatan cahaya. Penggunaan cahaya inframerah sebagai media transfer informasi menjadi alasan utama mengapa fiber optics bisa menjadi layanan internet tercepat. Pasalnya, kecepatan cahaya bisa melesat lebih jauh dibanding sinyal listrik yang digunakan pada kabel logam.

Menurut Telecom Tech Outlook, inti serat kaca bisa membawa informasi secepat 69% kecepatan cahaya.

  • Jaringan yang lebih stabil. Kabel serat optik punya imunitas tinggi terhadap perubahan suhu. Tak ayal, kabel ini digunakan dalam sistem komunikasi bawah laut atau submarine communications cable.

Selain itu, serat optik juga tidak membawa aliran listrik, sehingga tidak ada kemungkinan gangguan dari sinyal elektromagnetik ketika transmisi data berlangsung. Jadi, tingkat keandalan jaringan fiber optics menjadi lebih stabil.

  • Koneksi yang lebih cepat. Meski jarak transmisi jaringan fiber optics bergantung pada jenis kabel dan panjang gelombang, kabel serat optik bisa membawa sinyal yang lebih jauh dibandingkan dengan kabel logam. Sehingga, informasi yang ditransmisikan bisa tiba dengan lebih cepat.

Itulah ulasan tentang alasan jaringan fiber optics bisa jadi layanan internet tercepat saat ini. Keunggulan jaringan fiber optics tidak hanya mencakup keempat hal di atas. Sebab, jaringan ini pun memiliki biaya kepemilikan yang lebih rendah karena punya usia pakai panjang serta berdaya rendah.

Tertarik untuk mengimplementasikan internet fiber optics di tempat usaha Anda?

Jika Anda tertarik untuk menggunakan jaringan fiber optic ini, Hypernet sebagai penyedia layanan internet fiber optic Jakarta, menyediakan layanan internet as a service melalui produk FION. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish