Article

Pengertian Apa Itu Cloud Computing, Cara Kerja, dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Masifnya perkembangan Teknologi Informasi mendorong berkembangnya kebutuhan akan teknologi dalam berbagai bidang khususnya untuk bisnis. Salah satu teknologi terkini yang dipandang sebagai solusi dan dipercaya dapat meningkatkan daya saing bisnis adalah Cloud Computing. Hadirnya Cloud Computing merubah cara kerja sistem teknologi informasi dalam sebuah bisnis yang semula hanya dapat mengakses data dan aplikasi melalui perangkat keras atau Hadware yang ada di kantor menjadi bisa di mana saja dengan perangkat mobile.

Apa itu Cloud Compting ? Cloud Computing atau secara harfiah diartikan sebagai komputasi awan merupakan sebuah sistem penyimpanan data pada server di Internet. Secara detail, cloud computing merupakan sebuah proses pengolahan daya komputasi  melalui jaringan internet  yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama  Contoh cloud computing yang Anda gunakan sehari-hari yaitu email dan sosial media. Semua data yang diunggah tersimpan di ‘awan’.

Apa saja keunggulan dan Manfaat Cloud Computing untuk Bisnis Anda? Berikut adalah beberapa diantaranya:

Efisiensi Biaya Infrastruktur IT
Cloud Computing berperan dalam efesiensi biaya infrastruktur IT bagi sebuah bisnis karena perusahaan tidak perlu membeli dan memasang perangkat keras maupun lunak. Perusahaan hanya perlu berinvestasi dalam biaya berlangganan saja.

Meningkatkan Performa Kerja
Persaingan global yang dinamis dan cepat, memaksa sebuah perusahaan dan sumber daya yang ada di dalamnya juga mengikuti arus perkembangan persaingan. Sebuah bisnis di tuntut untuk dapat memberikan layanan tanpa terbatas waktu dan tempat. Dengan penggunaan Cloud Computing, setiap orang dalam perusahaan dapat mengakses kebutuhan data dan aplikasi di mana saja dan kapan saja. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan performa kerja.

Meningkatkan Keamanan Data Perusahaan
Data is a new Oil.  Begitunya berharga setiap data yang dimiliki perusahaan. Jika pada masa lampau semua data dan dokumen masih berbentuk file Hard Copy, perusahaan tidak dapat mengontrol keamanannya karena bisa terbaca oleh siapapun. Selain itu, risiko kehilangan dokumen tersebut juga sangat tinggi. Dan untuk dapat mengakses file soft copy terbatas pada perangkat tertentu saja. Namun, dengan adanya Cloud Computing, keamanan data pengguna terjamin karena tersimpan dalam server yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang diberikan akses. Selain itu, semua file tersusun lebih rapi dan tidak memakan tempat.

Dinamis dan Mudah Disesuaikan
Perubahan kondisi sebuah bisnis sangatlah dinamis dan fluktuatif. Ada kalanya sebuah bisnis memiliki grafik memuncak dan membutuhkan kapasitas perangkat lunak yang besar, namun di lain waktu bisa jadi menurun dan hanya memerlukan kapasitas yang kecil. Cloud Computing menjadi jawaban dalam perubahan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Karena dengan Cloud Computing, Pengguna/Bisnis dapat menyesuaokan kebutuhan kapasitas cloud tanpa membeli peralatan keras lagi. Anda hanya perlu mengubah kapasitas berlangganan pada provider cloud yang digunakan.

Memahami pentingnya layanan Cloud Computing bagi bisnis, Hypernet hadir menyediakan layanan tersebut. Dengan layanan yang tersedia di Hypernet, Anda tidak perlu lagi dipusingkan oleh instalasi dan kebutuhan infrastruktur IT. Anda dapat memfokuskan diri pada bisnis Anda, bukan Cloud Anda. Informasi lebih lanjut, jangan segan menghubungi kami.

WhatsApp chat
en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish