Article

Fungsi dan Cara Kerja WIFI Router Untuk Bisnis

Siapa yang tidak kenal dengan istilah wifi? Wifi adalah sebuah teknologi yang menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) melalui jaringan computer untuk bertukar data, termasuk koneksi internet yang memiliki kecepatan tinggi. Definisi yang didasarkan pada Institute of Electronical and Electronics Engineers 802.11 menyebutkan WIFI adalah produk jaringan area local nirkabel atau yang biasa disebut dengan WLAN. Istilah “WLAN”, walaupun merupakan kata sinonim dari WIFI, saat ini sudah jarang digunakan. Istilah WIFI menjadi konsep yang lebih popular di masa kini.

Fungsi Wifi dan Cara Kerja Wifi

Untuk dapat menggunakan WIFI, sebuah perangkat keras seperti Komputer, Laptop, Smartphone, Tablet, dan Pemutar audio digital membutuhkan sebuah titik akses jaringan nirkabel sehingga internet dapat digunakan. Titik Akses ini memiliki jangkauan tertentu tergantung dengan perangkat yang digunakan dan luasnya bidang/ruangan. Untuk Cakupan wilayah yang lebih luas dibutuhkan beberapa titik akses dengan cakupan yang saling tumpang tindih. Kunci yang memungkinkan komunikasi dalam jaringan wifi adalah Sinyal Radio. Wifi mengkoneksikan perangkat dengan internet tanpa menggunakan kabel.

Beragamnya teknologi jaringan internet saat ini, membuat banyak orang terkadang bingung dan kurang memahami mengenai perangkat yang diperlukan untuk kebutuhan utamanya. Salah satu kekurangpahaman yang sering ditemui yaitu pemahaman tentang Wireless Router dan WIFI Router. Penyebab hal tersebut terjadi yaitu banyaknya jenis dan merk perangkat yang ada saat ini.

Wifi Router

Pada dasarnya, Wifi Router mempunyai beberapa fungsi, diantaranya yaitu fungsi utama yang harus diketahui.

  1. Sebagai Router yaitu alat yang memiliki fungsi untuk menghubungkan dua LAN yang berbeda secara segmen IP. Wifi Router ini merupakan penghubung internet/provider internet dengan Klien  atau pengguna dari wifi tersebut.
  2. Router sebagai Access Point yang berfungsi sebagai terminal pusat dimana seluruh klien wireless harus terhubung dengan access point sebelum dapat berkomunikasi dengan klien lainnya. Fungsi access point ini  sama dengan fungsi switch atau hub pada jaringan kabel.

Router dan Acces Point adalah dua fungsi peralatan jaringan yang bekerja bahu membahu membentuk unit pemancar signal wifi. Acces Point membentuk hotspot, sedangkan Router mengatur lalu lintas data. Router memiliki fungsi untuk mengirimkan paket data atau suatu informasi melalui internet atau jaringan dari lokasi tertentu ke jaringan lainnya. Perangkat ini diperlukan untuk mengarahkan paket data tersebut ke jaringan dan dengan rute yang sesuai.

Sebagai Perusahan MSP dengan pengalaman belasan tahun di Indonesia, Hypernet memberikan layanan dan informasi teknologi berbentuk layanan wifi yang dirancang untuk menangani berbagai lingkup pekerjaan di dalam satu perangkat.

Hypernet memiliki dua kategori produk yaitu:

Wifi Managed Service
One stop solution untuk berbagai masalah mulai dari 1 biaya, pengaturan, pemeliharaan, pemecahan masalah, keamanan, hingga layanan dukungan yang diberikan kepada pelanggan.

Open Wifi
Merupakan aplikasi manajemen WiFi berbasis komputasi awan yang dirancang untuk meningkatkan efektifitas beriklan serta segmentasi data pengguna public hotspot secara online

Hypernet sangat memahami bagaimana fungsi dan cara kerja WIFI router yang digunakan di gedung perkantoran, perusahaan, mapupun cabang-cabang bisnis agar berjalan optimal. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan Wifi Router? silakan hubungi kami karena tim Hypernet senantiasa siap membantu memberikan solusi yang terbaik.

WhatsApp chat
en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish