Blog > Lindungi Data Anda dengan Enkripsi dan Managed Service Provider

Week 37_1

HYPERNET – Data perusahaan merupakan aset. Tentu perusahaan akan melindunginya  dari berbagai ancaman serangan termasuk dari ancaman siber. Untuk dapat memproteksi keamanan data perusahaan, Anda dapat menggunakan cara enkripsi dengan bantuan Managed & Internet service provider Indonesia. Enkripsi adalah teknologi untuk memproteksi dan melindungi informasi dan data. Biasanya diterapkan pada database, komunikasi Internet, hard drive, atau backup server.                          

Tren penggunaan enkripsi meningkat seiring dengan semakin tingginya angka ancaman siber tiap tahunnya, dimana urutan ancaman pertama disebabkan karena kesalahan karyawan terhadap data penting dan rahasia, diikuti kerusakan sistem dan peretas. Data penting yang dimaksudkan pada artikel ini khususnya di dunia perusahaan mencakup data karyawan dan SDM, data terkait pembayaran, kekayaan intelektual dan catatan keuangan. Karena itu, adopsi enkripsi paling banyak tersebar di industri keuangan, kesehatan dan farmasi, dan industri teknologi dan perangkat lunak.

Di Uni Eropa, tuntutan penggunaan enkripsi semakin besar dengan ditetapkannya  General Data Protection Regulation (GDPR) mulai bulan Mei 2018 yang memaksa semua entitas bisnis di Eropa menggunakan enkripsi sebagai syarat perlindungan keamanan data. Tidak hanya itu, regulasi ini ikut berlaku bagi perusahaan-perusahaan di luar Eropa apabila menjalin hubungan bisnis atau memiliki cabang usaha di benua biru tersebut. Karena itu, bagi pebisnis di tanah air mau tidak mau harus menerapkan enkripsi jika ingin dapat berbisnis atau mempertahankan jalinan usaha mereka dengan negara-negara Eropa.

Dikutip dari media online, adapun data perusahaan yang perlu dilindungi, berupa:

Data yang tersimpan. Data ini mencakup data yang tersimpan dalam file pada semua jenis perangkat: drive yang terpasang pada komputer desktop, yang terhubung ke server, drive pada laptop, dan penyimpanan pada tablet, virtual drive/storage, smartphone, dan perangkat mobile lainnya. Data di USB dan drive portable lainnya juga perlu dienkripsi. Dalam kasus perangkat mobile, laptop, memori USB, dan drive portabel, enkripsi data menawarkan perlindungan jika perangkat hilang dan juga jika dicuri atau diretas. Banyak sistem operasi saat ini mencakup kemampuan enkripsi, sehingga melindungi file yang tersimpan dengan cukup mudah.

Data yang bergerak. Ini mencakup semua data yang dikirim melalui jaringan, baik melalui email, transfer file, atau cara lainnya. Jaringan pribadi virtual memungkinkan pengguna jarak jauh mengakses jaringan perusahaan secara aman dan mengenkripsi semua komunikasi selama sesi berlangsung. Ada aplikasi yang mendukung email, SMS, dan transfer file yang aman. Biasanya sudah dapat dipenuhi dengan menggunakan teknologi Secure Socket Layer.

Source