Blog > Dukung Digitalisasi Pendidikan dengan Segitiga Netizen

Week 28_1_1

IT Solution Jakarta Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang pesat dalam bidang pendidikan. Digitalisasi pada bidang pendidikan tentu saja dapat menghemat banyak hal termasuk anggaran, namun lebih mengenai pendidikan yang berfokus pada pedagogi. Karena seperti yang kita harus sadari, Generasi Z yang hidup di era internet sangat identik dengan segitiga netizen yaitu kecepatan, kemudahan, dan keterhubungan.

Kecepatan. Salah satu karakteristik Generasi Z akan produktif jika tetap terhubung internet dan media sosial. Sekolah harus memanfaatkan teknologi ini sebagai media pembelajaran agar peserta didik tetap produktif. Ada pun sistem pengajaran yang diterapkan adalah e-learning. Dengan e-learning peserta didik diberi tugas melalui jaringan internet untuk mengakses pembelajaran di mana pun mereka berada lalu ditentukan waktu mengaksesnya. Mereka pun harus mengeksplorasi tugas tersebut melalui dunia digital.

Kemudahan.  Dengan memasukkan berbagai unsur teknologi ke dalam proses pembelajaran, institusi pendidikan dihadapkan dengan berbagai tantangan infrastruktur IT, seperti trafik, keamanan serta kecepatan jaringan, pengelolaan beragam perangkat dan aplikasi yang terlibat di dalamnya. Sehingga dalam rangka mendukung kemudahan digitalisasi pendidikan diperlukan pemanfaatan teknologi cloud dan hybrid. Teknologi ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin mengakses aplikasi dan data yang sama melalui internet di mana saja, sehingga tidak lagi terikat pada komputer atau server fisik saat ingin menjalankan program.

Keterhubungan. Keterhubungan tentu saja terkait  dengan kolaborasi antar anak didik. Dengan memberikan dorongan kepada mereka untuk bersama- sama saling mendukung mencari pengetahuan menggunakan internet. Sudah saatnya sekolah  memusatkan perhatian pada kebutuhan anak didik.  Para guru yang menjadi pengajar untuk generasi internet harus terus melatih diri dalam teknik pengajaran agar metode satu arah yang terkesan ceramah segera ditinggalkan karena akan membuat anak didik menjadi bosan dan sekedar menghafal saja hanya karena ingin lulus ujian akhir.

Untuk menerapkan digitallisasi pendidikan pada sekolah, Anda dapat meminta bantuan kepada layanan Managed Service Provider (MSP) Indonesia. Peran Managed Service Provider dalam industri pendidikan untuk memudahkan interaksi antara siswa dengan pengajar dan memantau penerapan keamanan terhadap konten digital. Salah satu layanan Managed Service Provider di Indonesia yang melayanani kebutuhan industri pendidikan adalah Hypernet. 

Source