Blog > Cloud Computing dan Managed Service Provider Solusi Keamanan Data Perusahaan

Week 32_1

Internet Service Provider Indonesia Saat pertama kali diliris, cloud computing atau komputasi awan merupakan solusi yang kerap dicurigai aspek keamanannya. Namun, saat ini layanan tersebut sudah banyak diadopsi dan dipercaya dapat melindungi data perusahaan baik perusahaan besar maupun usaha kecil mikro menengah. 

Salah satu penyebab meningkatnya adopsi layanan cloud computing adalah kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan. Adapun kemudahan yang didapat, misalnya perusahaan atau startup yang membutuhkan server berukuran besar untuk menyimpan data dapat dimudahkan karena cukup menyewa seperlunya. Sedangkan dari segi fleksibilitas, pengguna dapat mengakses data dari mana saja dan kapan saja.

Seiring dengan semakin matangnya ekosistem cloud computing di Indonesia, semakin banyak pula aplikasi yang terpasang dalam kombinasi arsitektur private cloud dan public cloud, dengan transisi yang mulus di antara keduanya. Artinya, perusahaan atau startup tidak perlu lagi membangun server, berurusan dengan perawatan atau mengelola sumber daya sendiri. Kebutuhan cloud computing dapat dikerjakan oleh layanan yang terintegrasi penyediaan sumber daya serta pengelolaan dalam bidang IT, seperti Managed Service Provider Indonesia.

Adapun keuntungan menggunakan cloud dengan pengadaan dan pengelolaan infrastruktur sendiri akan memicu biaya yang kadarnya tetap. Sementara itu layanan cloud, seperti yang ditawarkan oleh layanan MSP dapat memicu biaya yang bisa fleksibel sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, keuntungan menggunakan layanan MSP adalah menghemat waktu. Dimana waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan cloud lebih singkat dibanding menyiapkan server sendiri. Sebab infrastruktur cloud tentu saja sudah dibuat dan dikelola oleh perusahaan penyedia, jadi bisa segera dipakai oleh penggunanya.

Managed Service Provider yang memberikan layanan cloud computing adalah Hypernet. Hypernet menyediakan teknologi komputasi awan yang akan membantu bisnis Anda berkembang secara efisien dengan mengurangi biaya sekaligus mendapatkan teknologi yang tepat untuk setiap fase pertumbuhan bisnis Anda.

Tiga jenis cloud computing yang ditawarkan Hypernet, yaitu Integrated Productivity Applications, Cloud Computing Platform & Infrastructure dan Virtual Desktop Infrastructure (VDI). Dari ketiga layanan tersebut Hypernet bekerjasama dengan Microsot Office 365 dan Microsoft Azure untuk memberikan layanan terpercaya kepada perusahaan Anda. 

Source