Blog > Tahun 2017 Akan Berakhir dan Masih Banyak Perusahaan yang Ragu Menggunakan Komputasi Awan

Week 56_1

HYPERNET – Selama tahun 2017 belum banyak peningkatan yang dirasakan oleh perusahaan yang memberikan layanan komputasi awan, seperti Managed Service Provider. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga terjadi di negara lain yang ekosistem digitalnya sedang berkembang. Dimana perushaan masih ragu-ragu mengadopsi layanan cloud.

Keraguan ini dirasakan terutama pada perusahaan tradisional yang memiliki cara pandang berbeda dalam mengadopsi sistem komputasi awan dibandingkan dengan perusahaan yang lahir dari sistem. Padahal manfaat mengadopsi cloud, perusahaan dapat fokus membangun produk atau aplikasinya tanpa harus memikirkan soal infrastruktur.

Keraguan perusahaan mengadopsi layanan komputasi awan secara total, mendorong Microsoft menyediakan solusi teknologi informasi yang hybrid. Salah satunya Microsoft 365. Microsoft 365 adalah solusi teknologi informasi yang bisa membantu perusahaan mengadopsi layanan komputasi awan tanpa langsung menghentikan sistem yang lama.

Microsoft 365 merupakan platform yang mengintegrasikan aplikasi dan program lintas sistem operasi. Teknologi ini bisa dibilang hybrid, karena tidak sepenuhnya memindahkan data ke cloud.

Adapun tiga kelebihan teknis ketika menggunakan solusi teknologi cloud ini, yaitu otomatisasi, keamanan yang terjaga dari malware dan windows store khusus untuk yang berlangganan sistem operasi kelas bisnis.

Pengintegrasian sistem operasi Android, IOS, Windows dan Linux pada platform Microsoft 365 menjadi nilai lebih. Oleh karena pengguna dapat menjalani aktivitas pekerjaan dimanapun dan kapanpun.

Pada layanan Manage Service Indonesia, salah satunya Hypernet, memberikan banyak keuntungan, dengan memanfatkan teknologi ini para pelaku bisnis dapat berkolaborasi antar karyawan, fleksibilitas lokasi kerja, jaminan keamanan, serta efisiensi biaya. Solusi ini dapat mendukung pertumbuhan bisnis Anda tanpa perlu melakukan inventasi sistem informasi teknologi (IT) yang tinggi untuk perusahaan Anda.

Terdapat tiga jenis layanan cloud. Pertama, Integrated Productivity Applications yang merupakan layanan aplikasi berbasis cloud yang menyediakan software produktivitas terpadu untuk bisnis dan perusahaan pengguna. Kami bermitra dengan Microsot Office 365 yang menawarkan berbagai aplikasi seperti e-mail dan layanan jaringan sosial melalui versi host dari Exchange Server, Skype untuk Bisnis Server, SharePoint dan Office Online, integrasi dengan Yammer, serta akses ke perangkat lunak Office. Semua aplikasi ini dapat diakses melalui multi perangkat dari mana saja dengan lisensi tunggal.

Kedua, Cloud Computing Platform & Infrastructure merupakan layanan untuk membantu pelanggan korporat untuk menyimpan data maupun aplikasi di cloud sehingga tidak perlu kuatir biaya investasi server dan biaya operasional yang mahal.

Ketiga, Virtual Desktop Infrastructure (VDI) merupakan sistem yang memungkinkan proses menjalankan desktop pengguna di dalam mesin virtual yang hidup pada server di data center.  

Source