Blog > Alasan UKM Perlu Melakukan Digitalisasi Untuk Dongkrak Ekonomi

Week 57_2

HYPERNET – Jika bicara keuntugan digitalisasi sebuah perusahaan, ada banyak yang akan perusahaan dapatkan. Banyak perusahaan di Indonesia mengaku lebih dari setengah pendapatan mereka didongkrak dari arus digital. Hal ini diketahui dari hasil survey Evolution dari Pure Stronge, yaitu hampir 70% dari 200 bisnis mendapatkan keuntungan.

Adapun yang dapat Anda lakukan dalam melakukan digitalisasi bukan hanya bekerjasama dengan layanan Internet Service Provider dalam melakukan pengadaan internet pada bisnis Anda, melainkan Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk inovasi ataupun bergadung dengan layanan e-commerce. 

Saat ini jumlah pengguna internet yang berbelanja online di Indonesia mencapai 24,74 juta orang. Hal ini tentu menjadi alasan yang sangat jelas, dimana ekonomi digital bisa membantu efisiensi di sektor ekonomi bahkan penyerapan tenaga kerja. Sehingga, mendorong perekonomian tumbuh pesat.

Dikutip dari salah satu media online, selama setahun terakhir para pengguna internet sudah membelanjakan uangnya sekitar US$ 5,6 miliar atau Rp 75 triliun per tahun di berbagai e-commerce. Di sisi lain, jumlah perusahaan penyedia jasa teknologi keuangan alias financial technology (fintech) tumbuh 78% selama 2015-2016.

Ke depannya, peran ekonomi terhadap perekonomian Indonesia bakal makin besar. mengacu pada kajian McKinsey Indonesia pada 2016 ekonomi digital diproyeksi akan memberi nilai tambah sebesar US$ 115 miliar atau setara 10% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2025. Teknologi digital juga dipercaya akan membantu penyerapan tenaga kerja hingga empat juta orang di 2025.

Demam ekonomi digital ini telah menciptakan banyak ungkitan bisnis bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM). Ungkitan bisnis bukan hanya terjadi akibat penggunaan e-commerce ataupun marketplace, tapi juga kemitraan dengan transportasi online dan aplikasi pembayaran digital.

Bisnis yang untung dalam ekonomi digital bukan hanya UKM kuliner, kondisi serupa juga terjadi pada bisnis akomodasi, travel, dan jasa. Karena itu, untuk melakukan tranformasi mejadi ekonomi digital yang perlu diperhatikan paling utama adalah menentukan layanan Internet Service Provider (ISP). Setelah itu, Anda dapat menentukan langkah selanjutnya. 

Source